Banyak Buta Huruf, Pemuda Didorong Aktif Wujudkan Pendidikan Berkualitas

Banyak Buta Huruf, Pemuda Didorong Aktif Wujudkan Pendidikan Berkualitas Anggota Komisi E DPRD Jatim, Moch Eksan, (pegang mikrofon) saat menyampaikan materi. foto: rahmatullah/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Anggota Komisi E DPRD Jatim, Moch Eksan, mendorong keterlibatan aktif para pemuda Desa untuk mewujudkan pendidikan berkualitas. Hal itu disampaikan saat menjadi pembicara dalam acara dialog publik dengan tema "Bangun Desa untuk yang lebih cerdas" yang diselenggarakan oleh Taman Baca Masyarakat (TBM) Kolare di Desa Lapataman, Kecamatan Dungkek, Rabu (10/08) malam.

"Keterlibatan pemuda, termasuk lewat taman baca masyarakat, sangat strategis dalam membangun pendidikan," kata Moch Eksan.

Apalagi, menurutnya, jumlah di Jawa Timur pada tahun 2015 masih tergolong tinggi. Berdasarkan data Pusat Data dan Statistik Kemendikbud tahun 2015, angka di Jawa Timur mencapai 1.258.184 jiwa dengan tingkat tinggi adalah Jember, Bojonegoro, Sampang, Situbondo, Banyuwangi, , Tuban, Pasuruan dan Malang.

Untuk itu, lanjut politisi asal Partai NasDem ini, butuh keterlibatan semua pihak. Selain pemuda, keterlibatan pesantren sangat strategis dalam membanggun pendidikan, sebab di Jatim jumlah pesantren sangat besar.

Selain masalah pendidikan, Eksan juga menyinggung rendahnya rasa kebanggaan terhadap kebudayaan lokal, seperti kebiasan menulis dan melakukan kajian terhadap peninggalan sejarah.

"Kita lebih tertarik pada peradaban luar, padahal peradaban kita lebih baik. Tanda kita bangga terhadap kebudayaan lokal adalah karya penulis lokal banyak dikoleksi perpustakaan daerah. Jangan-jangan koleksi karya itu masih minim," tandasnya.

Selain ratusan warga, juga hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Pendidikan , Moh. Sadik, dan K. Dardiri Zubairi dari PC NU . Selain itu, beberapa pejabat lainnya seperti Kepala Perpustakaan Daerah, Agus Diharja Putra, dan Penulis sekaligus sastrawan , Syaf Anton WR. Di akhir acara dilangsungkan penyerahan hadiah berbagai lomba yang digelar TBM Kolare yang digelar saat bulan puasa lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO