Riset UI: Risma Ungguli Ahok dalam Moral, Leadership, Governability, Komunikasi Politik

Riset UI: Risma Ungguli Ahok dalam Moral, Leadership, Governability, Komunikasi Politik Suasana pemaparan hasil riset Laboratorium Psikologi Politik Univesitas Indonesia (UI). Foto: detik.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini luar biasa. Belum menyatakan siap untuk jadi calon gubernur DKI Jakarta sudah leading. Apalagi kalau wanita berjilbab ini sampai turun sosialisasi.

Inilah hasil riset Laboratorium Psikologi Politik Univesitas Indonesia (UI). Laboratorium ini melakukan riset soal kapabilitas sejumlah kepala daerah di pusaran Pilgub DKI Jakarta. Hasilnya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini banyak mengungguli Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di berbagai sektor.

Risma mengungguli Ahok di bidang governability, leadership, komunikasi politik, dan integritas moral. Sementara Ahok unggul di kemampuan politik, visioner, dan intelektualitas.

Riset ini terdiri dari dua tahap, yaitu focus group discussion (FGD) dan survei opinion leader. Tahap pertama adalah FGD. Dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 2016 dengan 5 orang narasumber yang berasal dari pakar psikologi politik, pakar tata kota dan transparansi, pakar ekonomi, pakar politik, dan jurnalis. FGD ini bertujuan untuk menentukan aspek-aspek penilaian dan nama kandidat yang akan dinilai oleh para pakar di survei opinion leader. Nama kandidat dipilih berdasarkan prestasi dan jejak rekam yang baik serta dipilih juga nama-naa yang telah mendeklarasikan diri untuk menjadi calon Gubernur DKI Jakarta 2017.

Tahap selanjutnya adalah survei opinion leader. Para pemimpin ini bukan orang yang mudah diakses atau dilakukan penilaian kepribadian secara tatap muka langsung. Maka dilakukan penilaian jarak jauh oleh para pakar, dengan memberikan 25 indikator penilaian yang mengukur 2 dimensi (kapabilitas dan karakter persolan), yang terbagi menjadi 8 aspek untuk dinilai. Survei dilakukan melalui proses expert judgement dari pakar yang telah dilakukan pada rentang waktu 13 Juni-28 Juli 2016.

"Kita mewawancarai 215 orang responden, dirandom dari 250 orang yang ada di database Laboratorium Psikologi Politik UI, di antaranya itu 37% gelar doktor dan 29% gelar profesor," ujar Ketua Laboratorium Psikologi Politik UI, Hamdi Muluk, dalam konferensi pers hasil penelitian di Restoran Madame Ching di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2016).

Berikut hasil penelitian Laboratorium Psikologi Politik UI:

Governability (manajerial, implementasi kebijakan, kemampuan menyelesaikan masalah)

Tri Rismaharini: 8,0%
Basuki T Purnama: 7,9%
Ridwan Kamil: 7,7%
Djarot Saiful Hidayat: 6,2%
Sandiaga Uno: 6,1%
Suyoto: 6,0%
Yoyok Riyo Sudibyo: 5,9%
Sjafrie Sjamsoeddin: 5,7%
Yusril Ihza Mahendra: 5,2%

Leadership (decision making, responsibility, motivating, participative directive)

Tri Rismaharini: 7,77%
Ridwan Kamil: 7,71%
Basuki T Purnama: 7,17%
Djarot Saiful Hidayat: 6,68%
Sandiaga Uno: 6,55%
Suyoto: 6,46%
Yoyok Riyo Sudibyo: 6,36%
Sjafrie Sjamsoeddin: 6,34%
Yusril Ihza Mahendra: 5,90%

Integritas moral

Sumber: detik.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO