Rohaniawan Berdatangan ke Nusakambangan, Freddy Budiman Minta Dimakamkan di Surabaya

Rohaniawan Berdatangan ke Nusakambangan, Freddy Budiman Minta Dimakamkan di Surabaya Para pembesuk masuk ke Kompleks Dermaga Wijayapura menggunakan kapal ke Dermaga Sodong, Nusakambangan.

CILACAP, BANGSAONLINE.com - Sejumlah rohaniawan pendamping terpidana mati terpantau beberapa kali datang menyeberang ke Nusakambangan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dalam beberapa hari ini. Mereka adalah Pastor Paroki St. Stephanus, Charles Patrick Edward Burrows atau yang akrab dipanggil Romo Carolus; pendamping rohani Muslim, Hasan Makarim dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat, KH Utomo Karim; serta pengurus Gereja Kristen Jawa (GKJ) Cilacap, Suhendro Putro.

Para rohaniawan yang biasanya ramah dan terbuka setiap kali dimintai keterangan menjelang eksekusi hampir semuanya tutup mulut, dan selalu terburu-buru masuk atau meninggalkan Nusakambangan melalui Dermaga Wijayapura. Romo Carolus mengatakan, ia akan melakukan pertemuan dengan Kepala Lapas se-Nusakambangan, Adul Aris, dan pertemuan itu menurut dia merupakan koordinasi rutin saja.

Saat disinggung mengenai isi pertemuan, Romo enggan menjawab. Ia mengaku belum menerima permintaan untuk mendampingi terpidana mati.

"Saya hanya ditelefon untuk datang ke Lapas Pulau Nusakambangan. Agenda pertemuan dan dengan siapa saja petermuan tersebut juga belum diketahui," jelasnya Rabu 27 Juli 2016. Dia juga mengaku belum mengetahui adanya permintaan penunjukan sebagai pendamping rohani bagi terpidana mati yang akan dieksekusi.

Hal yang sama dikatakan pendamping Rohani Muslim, Hasan Makarim, dan rohaniwan pembimbing agama di Lapas Nusakambangan, KH Utomo Karim. Mereka enggan menjelaskan perihal kesibukannya di Nusakambangan. Menurut Hasan, ia hanya memenuhi undangan kepala lapas. Meskipun demikian, ia berjanji akan memberi keterangan setelah pertemuan dengan kepala lapas.

Sementara Utomo Karim membantah kedatangannya ke Nusakambangan terkait dengan persiapan . Kedatangan Utomo ke Nusakambangan pekan ini adalah yang ketiga kalinya. Sebelumnya, ia juga enggan berkomentar. "Nantilah nanti menunggu dari pusatnya, kejaksaan saja. Intinya nanti setelah namanya turun dari sana bisa kita jelaskan," terangnya.

Pengurus Gereja Kristen Jawa (GKJ) Cilacap, Suhendro Putro, juga terlihat menyeberang ke Nusakambangan. Sama speerti yang lainnya, ia tidak menjelaskan agenda di Nusakambangan.

Beberapa saat kemudian aparat kepolisian memasang pembatas jalan dan barikade mulai dipasang di area Dermaga Wijayapura. Di dermaga itu, kepolisian mulai menyiagakan satu regu Brimob dan Sabhara di bagian dalam. Sebagian anggota lainnya melakukan sterilisasi di pertigaan menuju dermaga.

Sekitar pukul 11 rombongan jaksa, keluarga, dan pengacara terpidana mati tampak memasuki Dermaga Wijayapura. Rombongan masuk dikawal polisi bersenjata lengkap. Jaksa menggunakan mobil dinas, sedangkan rombongan keluarga menggunakan bus milik Pemkab Cilacap.

Sumber: detik.com/merdeka.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO