15 Negara bakal Ikuti Ijen Festival 2016

15 Negara bakal Ikuti Ijen Festival 2016

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten semakin gecar melakukan promosi potensi wisata. Tahun ini, promosi itu dikemas melalui kegiatan `Ijen Festival 2016’ yang akan dilaksanakan Mei ini. Kegiatan Ijen Festival kali ini, yang menjadi fokus diantaranya; Ijen Flying Fest. Kegiatan ini merupakan kalender nasional dari Kemenpora dalam kemasan Trip of Indonesia, night ride yang akan diadakan bersama Komunitas All Mountain, terbuka untuk peserta nasional.

Selain itu, ada juga hiking di malam hari menuju Kawah Ijen untuk melihat blue fire. Juga ada even bergengsi berskala internasional; Ijen Trail Running, yang akan diikuti oleh 15 negara dengan 287 peserta.

“Dengan branding Ijen Festival, saatnya dilihat dunia. Ini diharapkan mampu mempengaruhi kunjungan wisata di , serta multiplayer efek kepada pengembangan industri kreatif di untuk lebih dikenalkan kepada pengunjung domestik maupun internasional,” ujar Sekretaris Daerah H Hidayat kemarin.

Menurutnya, mengingat destinasi wisata hampir 75 persen berada di bawah naungan Perhutani, PTPN dan BKSDA, Pemkab akan segera membuat MoU untuk bersinergi mengembangkan destinasi wisata di .

“Meski belum ada MoU, namun kita sudah bersinergi mengembangkan wisata yang ada, seperti olahraga dirgantara paralayang. Take off-nya ada di lahan Perhutani yaitu di Megasari. Sementara area landingnya seluas satu hektar ada di area PTPN. Tentu dengan senergi antara pihak Perhutanu dan PTPN XII serta BKSDA, akan lebih go internasional,” tambahnya.

Hidayat menjelaskan, kegiatan Ijen Festival 2016 sebagai ajang bergengsi untuk memperkenalkan potensi destinasi wisata kepada masyarakat hingga ke mancanegara.

“Ijen Festival ini lebih kepada bagaimana mempromosikan pariwisata , sehingga masyarakat lokal maupun mancanegara bisa mengenalnya, karena sebenarnya potensi wisata kita levelnya bukan hanya tingkat nasional, namun juga internasional,” tandasnya.

Apa lagi kata, orang nomor dua di Pemkab ini. memiliki salah satu destinasi wisata satu-satunya di Jawa Timur yang ada di daerah tapal kuda, yakni olah raga dirgantara yakni paralayang, yang sudah eksis sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi turis lokal maupun manca negara.

“Paralayang ini adalah sebuah salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di . Di Jatim, hanya yang ada di dan Malang. Ini aset wisata maupun Jatim,” pungkasnya.(gik/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO