Banyuwangi mulai Kemarau, Tapal Kuda masih Pancaroba

BANYUWANGI (bangsaonline) – Bencana puting beliung yang melanda kabupaten Jember Minggu, 4 Mei 2014 kemarin, membuktikan bahwa sebagian besar wilayah Tapal Kuda masih memasuki musim Pancaroba. Namun, untuk wilayah Kabupaten terutama wilayah Barat sudah memasuki musim kemarau.

Hal ini disampaikan prakirawan suaca pada BMKG , Yustoto ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin 5 Mei 2014. Yustoto menjelaskan untuk wilayah Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Lumajang kondisi cuaca masih memasuki musim pancaroba. Dimana di wilayah tersebut, awan hitam, hujan lebat, petir, dan angin kencang masih terjadi.

Namun menurut Yustoto, untuk wilayah kondisi berbeda. Justru awal bulan Mei ini sudah memasuki musim kemarau. Sedangkan untuk wilayah Tapal Kuda selain , untuk musim kemarau nanti pada bulan Juni.

“Hal ini perlu diwaspadai untuk daerah-daerh yang masih memasuki musim pancaroba, karena kemungkinan angin puting beliung masih terjadi,” ujarnya,

Dkatakan oleh Yustoto, arah angin untuk wilayah bergerak dari Timur Laut menuju ke Timur dengan kecepatan 6 hingga 36 Km/jam. Keadaan cuaca cerah berawan. Sedangkan untuk tinggi gelombang di selat Bali antara 0,3 hingga 0,8 meter. Sedangkan untuk gelombang laut di wilayah Selatan berkisar antara 0,8 hingga 2 meter.

“Untuk kondisi laut di wilayah Selatan masih perlu diwaspadai untuk nelayan-nelayan kapal kecil. Karena gelombang laut bisa mencapai 2 meter,” ujar Yustoto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO