400 Eks Anggota Gafatar Ditampung di Asrama Transito Margorejo

400 Eks Anggota Gafatar Ditampung  di Asrama Transito Margorejo Pakde Karwo menjenguk keluarga pengungsi eks Gafatar di Asrama Transito Disnakertransduk Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dua kloter penerbangan yang memuat eks anggota Gafatar sebanyak 400 orang dari Kalimantan sudah tiba di Surabaya, Sabtu pagi (23/1). Mereka yang berasal dari berbagai darerah di Jatim itu ditampung di Asrama Transito Margorejo.

Gubernur Jatim H Soekarwo yang menjenguk mereka tadi pagi, menyatakan siap mencarikan solusi agar mereka bisa kembali ke daerah asal serta diterima oleh lingkungan dan keluarga masing-masing.

Pemprov bersama Polri dan TNI, tegas Gubernur Jatim,   akan carikan jalan agar anda bisa kembali menjali kehidupan normal ketika pulang ke daerah asal masing-masing. Tentu normal menurut lingkungan, bukan menurut pendapat individu.

"Karena kita hidup bermasyarakat, dan anda adalah masyarakat Jatim. Sudah kewajiban kami untuk membantu anda,” ujar Pakde Karwo, ketika mengunjungi tempat penampungan mereka di Asrama Transito Dinas Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jatim, Jl. Margorejo Surabaya, Sabtu (23/1) pagi.

Pakde Karwo menjelaskan, para pengungsi akan diberikan tempat tinggal sementara di Asrama Transito Disnakertransduk. Di tempat ini, mereka akan diurus oleh pemerintah, mulai dari makanannya, keamanannya, dan lainnya. Para pengungsi juga didampingi dan diberi siraman rohani oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Yang pertama, anda semua sudah selamat sampai disini dan bisa beristirahat. Yang kedua, bersabarlah dulu, kami akan berbicara dengan para bupati/walikota, kiai, ulama, dan tokoh masyarakat agar ketika anda pulang ke daerah asal anda semua bisa diterima kembali oleh tetangga, lingkungan dan masyarakat. Sambil anda menunggu, silahkan merenung, apa penyebab masalah ini bisa terjadi? Ini penting karena merenung adalah bagian dari perubahan diri kearah yang lebih baik,” jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO