​Tanamkan Disiplin, Siswa MTs Nurul Jadid Sumenep Diwajibkan Bersih-bersih

​Tanamkan Disiplin, Siswa MTs Nurul Jadid Sumenep Diwajibkan Bersih-bersih Siswa MTS Nurul Jadid saat bersih-bersih. foto: rahmatullah/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Untuk menanamkan sikap disiplin dalam diri siswa, salah satu Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten mewajibkan siswanya dalam hari tertentu membersihkan lingkungan sekitar sekolah.

Pemandangan siswa bersih-bersih lingkungan itu bisa dijumpai di MTs Nurul Jadi, Desa Pragaan Daya, Kecamatan Pragaan. Tiap hari Selasa, semua siswa diwajibkan membersihkan areal sekolah, juga lingkungan sekitar sekolah. Hal itu dilakukan usai jam pelajaran pertama.

Kepala MTs Nurul Jadid, Haruji Saleh, memaparkan kegiatan itu memang sengaja diadakan untuk melatih kedisiplinan siswa. Selain sikap disiplin, kegiatan itu juga diyakini akan menumbuhkan rasa peduli lingkungan, sehingga kebersihan lingkungan terjaga.

“Kegiatan ini dilakukan di luar jam pelajaran, hanya untuk mengajarkan kepada siswa bahwa semua butuh proses, termasuk kedisiplinan diri harus ditempa sedini mungkin,” papar Haruji kepada bangsaonline.com, Selasa (5/1).

Kegiatan tersebut, kata Haruji, sudah dilakukan sejak awal tahun pelajaran. Dan hasilnya cukup memuaskan. Dalam kegiatan apa pun, bisa dipastikan siswa tidak akan telat, termasuk saat masuk kelas lima menit sebelum jam pelajaran dimulai.

Untuk siswa yang telat ketika kegiatan bersih-bersih itu dilakukan, lanjut Haruji, pasti diberi hukuman, meski telat beberapa menit. Bentuk hukuman yang diberikan kepada siswa bersangkutan adalah menulis opini bertemakan menjaga lingkungan. Dengan model hukuman yang diberikan itu, siswa merasa senang, karena siswa tidak merasa dihukum, melainkan diajari menulis.

“Alhamdulillah, seperti kata pepatah, sekali berlayar dua pulau terlampaui. Jadi selain memberikan hukuman untuk memberikan efek jera, siswa tanpa disadari juga belajar menulis,” tutup Haruji. (smn2/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO