Intensitas Hujan Mulai Tinggi, 16 Kecamatan di Bojonegoro Waspada Luapan Bengawan Solo

Intensitas Hujan Mulai Tinggi, 16 Kecamatan di Bojonegoro Waspada Luapan Bengawan Solo Bupati Bojonegoro, Suyoto. foto: eki nurhadi/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Intensitas hujan yang turun akhir-akhir ini mulai tinggi. Kabupaten yang bagian utaranya dilewati Sungai Bengawan Solo patut was-was, sebab setiap musim penghujan sungai terpanjang di pulau jawa itu selalu meluap.

Untuk hal ini, Bupati , Suyoto sudah memberikan imbauan kepada masyarakat melalui media elektronik maupun terjun langsung di masyarakat.

Bupati Suyoto memprediksi banjir yang akan melanda potensinya lebih besar. Itu setelah pihaknya menerima data prediksi dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geo Fisika (BMKG) Jawa Timur.

"Potensi banjir lebih besar, artinya kemungkinan ada. Karena cuaca ke depan diprediksi lebih ekstrem. Hujan dengan intensitas tinggi akan sering terjadi di wilayah juga di wilayah hulu," ujar Bupati, Kamis (24/12/15).

Untuk mengatasi banjir tahunan itu, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan, salah satunya berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait, juga melakukan perbaikan tanggul Sungai Bengawan Solo yang kondisinya mengkhawatirkan.

"Tanggul di Kecamatan Kanor yang kondisinya kritis sudah ditangani BPBD. Kita terus lakukan monitoring dan koordinasi dengan pihak terkait," ungkapnya.

Banjir luapan air Sungai Bengawan Solo mengancam sebanyak 16 kecamatan di Kota Ledre. Sedangkan banjir bandang dari anak sungai Bengawan Solo mengancam tujuh Kecamatan di . (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO