Janda Tua di Kanor Bojonegoro Kaget Rumahnya 'Disulap' Anggota TNI

Janda Tua di Kanor Bojonegoro Kaget Rumahnya SEPERTI BARU: Mbah Rasmining tampak sedang duduk di teras rumahnya. Rumah janda tua itu tampak mengkilat pasca direhab oleh anggota TNI pada kegiatan TMMD ke-95 kemarin. foto: eky nurhadi/BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Perempuan renta itu sedang duduk-duduk di teras rumahnya, Minggu siang (01/11/2015). Sambil memegang sapu lidi, sesekali perempuan tua itu melihat ke atap rumahnya. Perempuan itu sedang istirahat usai membersihkan kotoran di pekarangan kediamannya.

Nenek renta itu bernama Rasmining janda asal Dusun Mejasem, Desa Bakung, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro. Saban hari, perempuan uzur itu mengaku sering memperhatikan kondisi rumahnya. Dia bukan khawatir rumahnya akan roboh, bahkan menimpanya, melainkan dia takjub rumahnya yang berukuran 6x3 meter itu seolah disulap oleh para perajurit Tentara Nasional Indonesia ().

"Rumah saya habis dibangun pak ABRI nak (tentara,red)," ujar Rasmining saat ditemui BANGSAONLINE.com di rumahnya.

Ya, rumah Mbah Ras, sapaan akrabnya, itu usai direnovasi oleh anggota pada kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-95 yang berlangsung selama 21 hari di desa setempat. Rasmining adalah salah satu contoh potret kemiskinan di Kecamatan Kanor, khususnya di Desa Bakung.

"Sebelumnya saya hanya bisa membayangkan dan terus berharap, kapan saya punya rumah yang layak untuk ditempati," katanya lirih.

Rasmining tak bisa menyembunyikan kesedihannya. Nafasnya memburu menahan tangis yang seakan hendak meledak saat mengenang rumah reyot yang dihuni bersama satu anak dan satu cucunya bernama Fadil, 4 tahun.

Rasmining berkisah, rumahnya yang dihuni dulu hanya berkontruksikan kayu bambu. Itu pun dindingnya sudah banyak yang berlubang dan lapuk, bahkan di sebagian atapnya juga banyak yang bolong. Jika di musim hujan, janda tua itu bergulat melawan dinginnya udara yang menerobos rumah tanpa ampun.

"Mau memperbaiki tidak punya biaya. Buat makan saja masih kurang. Dua anak saya sudah hidup sendiri, yang satu ikut saya, tetapi tidak bekerja," katanya.

Lihat juga video '3 Prajurit TNI Gugur Akibat Baku Tembak di Papua':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO