Apek dan Berkutu, Warga Wungu Madiun Kembalikan Raskin

Apek dan Berkutu, Warga Wungu Madiun Kembalikan Raskin ilustrasi: raskin berkutu

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Warga Kelurahan Wungu, Kecamatan Wungu,, terpaksa mengembalikan jatah beras bagi warga miskin (raskin) yang diterimanya ke Bulog, karena jelek dan tidak layak konsumsi.

"Raskin ini akan kami kembalikan ke Bulog karena saat diterima kondisinya berkutu, berbau apek, dan warnanya kekuningan. Pokoknya tidak layak dimakan," ujar Joko Setiono, warga setempat, Joko Setiono, dikutip Antara, Jumat (25/9).

Untuk mengembalikannya ke Bulog, warga sengaja mengumpulkan raskinnya ke kantor kelurahan setempat. Setelah itu, akan dikoordinasikan petugas kelurahan kepada Bulog. "Kami minta Bulog segera mengganti beras kami dengan beras yang kualitasnya lebih baik, karena itu hak kami," tegasnya.

Sementara, Sekretaris Kelurahan Wungu, Soekatman, membenarkan adanya pendistribusian raskin bermutu kurang layak konsumsi ke penerima jatah di wilayah Wungu. "Kasus ini segera kami tangani dan koordinasikan dengan Pemkab dan pihak Bulog. Sesuai instruksi dari pemerntah, raskin yang jelek akan diganti," kata Soekatman.

Menurutnya, jumlah warga Kelurahan Wungu yang menerima jatah raskin mencapai 710 rumah tangga sasaran. Raskin yang didistribusikan saat ini adalah jatah untuk bulan September dan Oktober 2015. Untuk menghindari hal yang sama, pendistribusian raskin ke RT yang belum mendapat jatah akan ditahan terlebih dahulu hingga mendapat gantinya dari Bulog.

Bupati Muhtarom, terkait raskin tidak layak konsumsi itu mengatakan, sesuai instruksi dari Bulog dan pemda setempat, raskin yang diterima dalam keadaan kurang bagus dapat dikembalikan untuk diganti dengan beras setara yang kondisinya lebih baik. "Saya akan memerintahkan Bagian Perekonomian untuk melaukan koordinasi dengan Bulog. Selain itu, saya juga meminta Bulog untuk selektif dalam pendistribuain raskin," kata Muhtarom. (ant/sta)

Sumber: antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO