Simak Keutamaan Puasa Muharram Bagi Kehidupan Umat Islam

Simak Keutamaan Puasa Muharram Bagi Kehidupan Umat Islam Simak Keutamaan Puasa Muharram Bagi Kehidupan Umat Islam. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Puasa muharram memiliki keutamaan khusus dibandingkan bulan-bulan lainnya. Hal itu juga dijelaskan oleh KH Yahya Zainul Ma'arif atau dikenal dengan Buya Yahya.

"Sebagaimana yang disebutkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW, 'Afdolus siyami ba'da Ramadhana siyamu syahrullahi al-Muharram' Maksudnya, sebaik-baik puasa setelah bulan Ramadan adalah puasa di bulan Muharram," ujar Buya Yahya.

Buya Yahya menjelaskan bahwa Bulan Muharram merupakan bulan yang penuh berkah dan rahmat. Dalam Islam, Muharram adalah salah satu dari empat bulan suci yang diistimewakan Allah SWT.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Puasa yang paling utama setelah Ramadan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram. Dan salat yang paling utama setelah salat fardu adalah salat malam (HR Muslim).

Bulan Muharram adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kualitas ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Umat Islam disarankan untuk memperbanyak ibadah seperti salat sunnah, membaca Al-Qur'an, memperbanyak dzikir dan berpuasa.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO