Audiensi dengan Pengurus PKP-RI, Bacabup Gresik Syahrul Munir Beber Kiat Majukan Koperasi

Audiensi dengan Pengurus PKP-RI, Bacabup Gresik Syahrul Munir Beber Kiat Majukan Koperasi M Syahrul Munir (empat dari kanan) saat audiensi dengan pengurus PKP-RI Gresik. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bakal Calon Bupati (Bacabup) Gresik dari PKB, M. mengikuti audiensi dengan pengurus Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKP-RI) Gresik, Rabu (19/6/2024).

Dalam audiensi yang digelar di kantor PKP-RI Gresik itu, Syahrul memberikan sejumlah kiat untuk memajukan koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Gresik.

Ia berharap PKP-RI dan Perusahaan Daerah (PD) Bank Gresik bisa bekerja sama untuk menyediakan akses permodalan murah kepada pelaku usaha kecil di Gresik.

Syahrul juga memaparkan visi Gresik Mentas (Menuju Tuntas) yang diusung dalam running 2024. Menurutnya, dalam visi Gresik Mentas ada program akses permodalan dan market center.

"Salah satu target program ini untuk mempermudah akses permodalan bagi UMKM, petani, petambak, dan usaha kecil lainnya," jelasnya.

Dalam penyediaan akses permodalan, Syahrul berharap koperasi bisa menjadi ujung tombak penyalurannya.

"Konsep saya, nanti PD Bank Gresik bisa bekerja sama dengan koperasi yang ada di Gresik untuk menyalurkan kredit murah untuk UMKM, petani, petambak, dan usaha kecil lainnya," tutur Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik ini.

Melalui kerja sama ini, Syahrul berharap anggaran permodalan yang disediakan pemerintah untuk membantu UMKM, petani, petambak, dan usaha kecil lainnya bisa lebih tepat sasaran.

"Kalau Bank Gresik jelas tidak bisa mengawasi langsung ke bawah. Dengan adanya kerja bareng koperasi, pengawasan akan lebih mudah. Apalagi kalau semua UMKM, petani, petambak, dan usaha kecil lainnya menjadi anggota koperasi, akan lebih mudah," bebernya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO