Dinas Sosial Kota Kediri Salurkan Bantuan ATENSI Yapi Tahap ke-3 dari Kemensos RI

Dinas Sosial Kota Kediri Salurkan Bantuan ATENSI Yapi Tahap ke-3 dari Kemensos RI Petugas saat melayani penerima bantuan untuk melakukan aktivasi dan diberikan buku tabungan di Aula Dinas Sosial Kota Kediri, Kamis (6/6/2024).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Sosial bekerjasama dengan Bank Mandiri Cabang Diponegoro menyalurkan (Bansos) Anak Yatim dan Piatu () dari Kementerian Sosial RI ().

Bantuan tahap ke 3 tahun 2024 ini, akan disalurkan kepada 42 anak yatim piatu. Sebelum menerima bansos tersebut, penerima manfaat terlebih dahulu melakukan aktivasi dan diberikan buku tabungan oleh Bank Mandiri, yang dilaksanakan di Aula Dinas Sosial , Kamis (6/6/2024).

Kepala Dinas Sosial , Paulus Luhur Budi Prasetya mengatakan bahwa merupakan program dari Kementerian Sosial yang memberikan bantuan kepada anak yatim dan/atau piatu dengan tujuan untuk meringankan beban pengeluaran anak.

“Bansos ini, diberikan untuk anak-anak yatim piatu hingga usia 18 untuk membantu mencukupi kebutuhan sekolah anak, seperti: beli tas, sepatu, alat tulis,” ujarnya.

Menurut dia, bantuan tersebut dapat tidak disalurkan, apabila penerima manfaat tidak lagi memenuhi kualifikasi, yaitu, berusia lebih dari 18 tahun, orang tua sudah menikah lagi, pindah alamat dan tidak ditemukan, bahkan penerima manfaat meninggal dunia.

“Jika anak yatim piatu sudah masuk pada salah satu kualifikasi maka otomatis bantuan ini akan dihentikan oleh Kemsos,”tegasnya.

Besaran bantuan tersebut, lanjut Paulus, penerima manfaat setiap bulan akan menerima uang senilai Rp200.000 yang diberikan selama empat bulan.

“Masing-masing anak yatim menerima total sebesar Rp.800.000. Akan tetapi pencairannya bisa berbeda-beda. Ada yang cair dalam 1 tahap ataupun 2 tahapan,” ujarnya.

Selain bansos , Pemkot Kediri juga tak pernah absen untuk memberikan bantuan lainnya kepada anak yatim piatu di . Paulus mengatakan, setiap tahunnya menjelang hari Jadi , Dinsos memberikan bansos terhadap 1.641 anak yatim piatu.

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO