Wujudkan Satu Data Indonesia, Sumenep Gandeng ITS Bangun Dashboard Interaktif

Wujudkan Satu Data Indonesia, Sumenep Gandeng ITS Bangun Dashboard Interaktif Edy Rasiyadi, Sekretaris Daerah Sumenep.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Tim Dosen Departemen Statistik Bisnis Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar focus group discussion (FGD) di Ruang Arya Wiraraja, Kantor Bupati Sumenep, Rabu (22/5/2024) kemarin.

Sekeretaris Daerah Sumenep, Edy Rasiyadi, mengatakan FGD tersebut dalam rangka pengabdian masyarakat dan rancang bangun dashboard interaktif untuk visualisasi informasi interaktif data organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Sumenep.

"Sebab, kebijakan Satu Data Indonesia merupakan langkah strategis pemerintah pusat yang diimplementasikan melalui Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia," jelasnya kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (23/5/2024).

Menurut Edy, implementasi Satu Data Indonesia di Kabupaten Sumenep membutuhkan komitmen dan kerja keras dari seluruh komponen OPD. Sebab, Satu Data Kabupaten Sumenep sendiri masih belum optimal.

"Portal data Kabupaten Sumenep belum terintegrasi dengan portal data Provinsi Jawa Timur, dan hanya ada dua dinas yang telah mengisi portal Satu Data Kabupaten Sumenep," ungkapnya.

Adapun dua OPD yang sudha mengisi portal Satu Data Kabupaten Sumenep adalah Dinas Perikanan dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Terpisah, Asisten Administrasi Umum, Ferdiansyah, berharap kerja sama dengan ITS ini dapat mempercepat implementasi kebijakan satu data di Kabupaten Sumenep. (aln/rev)

Ket gambar: Ir. Edy Rasiyady Sekdakab Sumenep

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO