Hadiri KTT Forum Air Sedunia di Bali, Pj Gubernur Jatim Dukung Komitmen Presiden Jokowi

Hadiri KTT Forum Air Sedunia di Bali, Pj Gubernur Jatim Dukung Komitmen Presiden Jokowi Pj Gubernur Jatim saat menghadiri KTT Forum Air Sedunia di Bali.

BALI, BANGSAONLINE.com , Adhy Karyono, menyatakan kesiapannya untuk mendukung komitmen Presiden Joko Widodo () dalam mengelola air bersih yang bermanfaat untuk masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) atau Forum Air Sedunia Ke-10 yang diadakan di Bali, Senin (20/5/2024). Acara yang dibuka oleh Presiden itu diikuti 35.000 delegasi dari 193 negara dengan mengambil tema 'Air Bagi Kemakmuran Bersama'.

Kegiatan dimulai dengan penyampaian pidato dari pebisnis asal Amerika Serikat, Elon Musk, yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pidato dari President World Water Council, Loic Fauchon. 

Terdapat pula penayangan Video of King Hasan II Great World Water Prize serta pemberian penghargaan oleh President World Water Council kepada para pihak atas kontribusinya dalam penanggulangan masalah air.

"Kami sangat mendukung penuh amanat Presiden terkait kolaborasi dalam pengelolaan air bersih. Dan itu yang selama ini kami lakukan di Jawa Timur," kata Adhy.

Di Jawa Timur, ia mengatakan bahwa kolaborasi dalam pengelolaan air bersih telah dilakukan sejak lama. Hal ini terbukti dengan ditetapkannya Jawa Timur sebagai provinsi dengan produksi air bersih paling tinggi di Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), volume produksi perusahaan air bersih di Jatim mencapai 810,82 juta meter kubik selama 2022. Produksi air bersih Jatim itu menduduki peringkat pertama se-Indonesia diikuti DKI Jakarta 635,092 juta meter kubik, Jawa Tengah 627,619 juta meter kubik, dan Jawa Barat 513,24 juta meter kubik.

"Air bersih di Jatim tertinggi di Indonesia. Ini karena kolaborasi bersama antara pemerintah, masyarakat dan swasta. Karena meningkatnya kebutuhan air bersih juga beriringan dengan meningkatnya literasi kesehatan pada kehidupan masyarakat," ucapnya.

"Dan akhirnya baik perusahaan air minum (PAM), perusahaan daerah air minum (PDAM), badan pengelola air minum (BPAM) maupun perusahaan swasta lain melakuan inovasi sehingga meningkatkan produksi air bersih," tambahnya.

Sebelumnya Pj. Gubernur Adhy juga menghadiri Gala Dinner KTT WWF yang digelar di taman budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) pada Minggu (19/05) malam.

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO