Anggarkan Dana Hibah Rp5 miliar, Bupati Kediri Komitmen Tuntaskan PTSL

Anggarkan Dana Hibah Rp5 miliar, Bupati Kediri Komitmen Tuntaskan PTSL Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat menyerahkan sertifikat kepada salah satu warga. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Kediri mengalokasikan dana hibah pola trijuang sebesar Rp5 miliar untuk mempercepat program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) tahun 2024.

Besaran dana yang dialokasikan untuk hibah ini mengalami peningkatan dari tahun 2023. Keputusan ini merupakan bukti komitmen Bupati dalam menyelesaikan proses sertifikasi tanah bagi warga Kabupaten Kediri.

Pada acara penyerahan sertifikat program PTSL tahun 2023 untuk warga di Balai Desa Panjer, Kecamatan Plosoklaten, pada hari Senin (20/5/2024) kemarin, Bupati Hanindhito berharap Kabupaten Kediri bisa menyelesaikan seluruh proses PTSL pada 2025.

Ia berkomitmen untuk mempercepat proses penerbitan sertifikat tanah bagi warga. Dengan demikian, warga akan memiliki kepastian hukum atas hak kepemilikan tanah mereka.

"Karena itu, tahun lalu kami mengalokasikan dana sebesar Rp4,5 miliar, dan tahun ini kami mengalokasikan Rp5 miliar. Tahun depan, kami akan mengalokasikan lebih lagi," ujar bupati yang karib disapa Dhito ini.

Dalam kesempatan penyerahan sertifikat, Dhito juga mengingatkan warga penerima sertifikat untuk tidak menggunakan sertifikat sebagai jaminan utang kepada rentenir.

Warga yang membutuhkan dana sebagai modal usaha disarankan mengajukan pinjaman ke bank daerah Kabupaten Kediri yang menawarkan suku bunga rendah dibandingkan dengan bank lain.

Sementara itu, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kediri, La Ode Asrafil, menyatakan bahwa keseluruhan sertifikat yang akan diserahkan kepada warga di Desa Panjer berjumlah 600 bidang. Penyerahan dilakukan secara bertahap dalam beberapa hari mendatang.

BPN mengapresiasi komitmen Dhito yang selama ini telah mengalokasikan anggaran untuk hibah percepatan sertifikat tanah bagi warga.

"Perhatian beliau terhadap masyarakat sangat luar biasa, dan dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten lain di Indonesia, hampir tidak ada yang sebanding dengan Kabupaten Kediri," tandasnya. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO