PKB Tetapkan 3 Kriteria untuk Rekom Cakada 2024, Siapa Bisa Masuk?

PKB Tetapkan 3 Kriteria untuk Rekom Cakada 2024, Siapa Bisa Masuk? A. Muhaimin Iskandar, Ketua Umum DPP PKB.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum (Ketum) DPP PKB, A Muhaimin Iskandar, menetapkan 3 kriteria bagi bakal calon kepala daerah (cakada) yang mengikuti penjaringan melalui partainya. Yakni elektabilitas, kapasitas, dan visi.

Muhaimin menegaskan 3 kriteria itu menjadi dasar bagi dirinya untuk memberikan rekom kepada bakal cakada yang mendaftar melalui partainya.

Ia bahkan tak segan mencoret bacalon yang tidak memenuhi 3 kriteria itu, meskipun ia adalah kader.

Sementara Ketua DPC , Much Abdul Qodir, menyampaikan kebijakan untuk merekom bakal cakada mutlak menjadi otoritas DPP.

Ia menegaskan elektoral atau elektabilitas bacalon merupakan salah satu variabel yang menjadi rujukan DPP dalam merekom bacalon. Karena itu, dalam masa penjaringan bacalon, road show ke kecamatan-kecamatan untuk menggelar dialog publik.

"Kita road show dengan dialog publik untuk menjaring aspirasi masyarakat terkait sosok figur yang diinginkan untuk menyelesaikan problem-problem yang dihadapi Gresik saat ini," beber Ketua DPRD Gresik ini kepada BANGSAONLINE.com.

Nantinya, kata Qodir, hasil serap aspirasi masyarakat lewat dialog publik di setiap kecamatan akan disampaikan kepada bacalon yang mendaftar ke untuk menjadi rumusan program yang akan dituangkan dalam visi dan misi bacalon.

Sekadar informasi, hingga kini baru satu orang yang mendaftar penjaringan cakada di ,  yakni Ketua DPC Gerindra Gresik, Asluchul Alif. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO