Jamaah Aboge Baru Hari ini Salat Idul Fitri, Berikut Penjelasannya

Jamaah Aboge Baru Hari ini Salat Idul Fitri, Berikut Penjelasannya

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE com - Ratusan (Ahad Rabu Wage) di wilayah Kabupaten baru menggelar salat Idul Fitri 2024, Jumat (12/4/2024) pagi tadi. Salat Idul Fitri tersebut berselang dua hari dari penetapan 1 Syawal oleh pemerintah, NU, maupun Muhamadiyah.

Ratusan tersebut tersebar di sejumlah tempat, seperti di Kecamatan Dringu, Leces, dan Bantaran.

"Tidak masalah berbeda dengan pemerintah dalam penetapan 1 Syawal," ujar pimpinan Aboge di Kecamatan Leces, Kiai Buri Maruyye, Jumat (12/4/2024) pagi.

Menurutnya, menggunakan hitungan kalender yang sudah menjadi pedoman sejak turun temurun.

Berdasarkan hitungan Aboge, 1 Syawal 2924 bertepatan dengan tahun 1957 Jim Awal Jumat Pon. Sehingga kemudian menjadi pedoman untuk menghitung awal bulan, termasuk 1 Syawal.

"Perhitungan 1 Syawal (Idul Fitri) itu berpola "Wal Ji Ro" (1 Syawal hari ke-1 dan neptu ke-2). Sehingga Idul Fitri pada tahun ini jatuh pada Jumat Wage atau bertepatan dengan 12 April 2024," ungkapnya.

Pantauan di lapangan, sejak pukul 06.30 WIB, ratusan mendatangi mushola Al-Barokah, Desa Leces, untuk mengejar sholat id. Mereka tidak hanya terdiri dari orang dewasa, melainkan juga para remaja dan anak-anak.

"Sejak dulu warga di sini melaksanakan salat id belakangan. Jadi tidak masalah, meskipun berbeda pedoman dengan pemerintah," ungkapnya. (ugi/ns) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO