Ketua DPRD Sidoarjo Beri Materi Sekolah Legislatif Unusida

Ketua DPRD Sidoarjo Beri Materi Sekolah Legislatif Unusida Ketua DPRD Sidoarjo, Usman, memaparkan materi dalam Sekolah Legislatif DPM Unusida. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo () menggelar Sekolah Legislatif di ruang Rapat Paripurna, Kamis (4/4/2024).

Salah satu pemateri dalam agenda tersebut yakni, Ketua DPRD Sidoarjo, Usman. Politikus senior dari PKB itu didapuk menyampaikan materi bertajuk 'Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa dalam Merumuskan Kebijakan Publik'.

“Saya mengapresiasi dan mendukung atas terselenggaranya sekolah legislatif ini bagi kalangan mahasiswa,” ujarnya di hadapan 60 mahasiswa yang mengikuti kegiatan.

Dengan terselenggaranya acara ini, Usman mengatakan bahwa mahasiswa dapat mengenal parlemen atau DPRD mulai dari kewenangan hingga hak-hak istimewanya. Dengan demikian, diharapkan timbul inisiatif ataupun keinginan untuk menjadi anggota DPRD di masa depan.

“Karena di DPRD dapat merasakan kebermanfaatan apa yang menjadi kewenangan dalam memperjuangkan hak-hak rakyat melalui parlemen ini,” kata sosok yang maju sebagai Calon Bupati Sidoarjo dalam Pilkada 2024.

Ia menambahkan, ketika ingin menjadi Legislator yang profesional perlu dibekali dengan wawasan. Yang terpenting adalah selalu menjalin komunikasi dengan berbagai kalangan.

Usman berharap, dengan adanya Sekolah Legislatif yang digelar DPM ini, peserta dapat memahami tugas serta wewenang DPRD, yakni Legislasi, Kontroling dan Budgeting.

“Dari materi yang saya sampaikan tadi semoga menjadi awal pencerahan untuk bisa dekat dengan wakilnya (rakyat). Saya berharap para mahasiswa punya semangat tinggi untuk mencapai cita-citanya. Man Jadda Wajada,” paparnya memotivasi peserta kegiatan.

Sementara itu, Ketua DPM , Jamaluddin Fuadi, menyebut kegiatan seperti ini bentuk edukasi dari tupoksi legislatif, karena merupakan ladang menggali keilmuan apapun khususnya ilmu kelegislatifan.

Fuadi menyatakan, kampus juga bisa digambarkan sebagai miniatur negara yang didalamnya ada satu kesatuan dari tiga lembaga yang dinamakan Trias Politica. Salah satunya adalah Legislatif. (sta/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO