Adhy Karyono Ajak Forkopimda dan Pengusaha Tunaikan Zakat Melalui Baznas Jatim

Adhy Karyono Ajak Forkopimda dan Pengusaha Tunaikan Zakat Melalui Baznas Jatim Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, saat memberi sambutan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, mengajak seluruh Forkopimda Jatim dan juga kalangan pengusaha untuk menunaikan zakat maupun infaq melalui Jatim.

Ajakan itu disampaikan di hadapan seluruh Forkopimda Jatim dan kalangan pengusaha dalam penyerahan zakat bersama Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (26/3/2024). Kegiatan ini menjadi kali kedua setelah sebelumnya kegiatan serupa juga telah dilakukan bersama seluruh kepala perangkat daerah dan pimpinan BUMD se-Jatim.

"Saya mengajak seluruh Forkopimda dan para pengusaha menunaikan Zakat dan juga Infaq melalui lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah yang kredibel dan amanah seperti Jatim. Dimana zakat yang diserahkan akan di-manage dengan baik," kata Adhy.

Mengawali kegiatan ini, Pj Gubernur Jatim memulai menyerahkan zakat dan infaq kepada Jatim melalui scan QRIS kemudian diikuti oleh seluruh Forkopimda yang hadir.

Adhy mengatakan, Jatim memiliki tugas menghimpun penyaluran dana zakat, infaq dan sedekah untuk dikelola secara profesional dan transparan. Bahkan, ditegaskan bahwa dengan penyaluran zakat yang maksimal juga akan berkontribusi juga menurunkan kemiskinan di Jatim. Yang mana, penurunan kemiskinan juga menjadi salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Pemprov Jatim.

Untuk itu, Adhy mengajak Forkopimda dan pengusaha yang hadir untuk menunaikan kewajiban zakatnya melalui Jatim yang kemudian dana bisa disalurkan secara tepat sasaran guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya berpesan kepada Jatim agar dana yang terkumpul bisa segera disalurkan tepat sasaran sehingga kita bisa turut berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Menurut dia, zakat yang terkumpul di Jatim harus dikelola secara profesional dan dapat mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh umat. Karena hasil pengumpulan zakat menjadi sumber dana yang potensial bagi upaya mewujudkan peningkatan kesejahteraan.

Penyerahan zakat ini, lanjut Adhy, merupakan upaya memberikan kebahagiaan kepada penerima zakat, memberikan ketentraman dan keberkahan kepada yang berzakat. Ia mengapresiasi Jatim sebagai lembaga yang memberseiringi target dan program yang dilakukan bersama Pemprov Jatim.

Ia menyebut, dengan keterbatasan anggaran dukungan diberikan oleh Jatim melalui beberapa kegiatan yang dilakukan.

"Ruang ruang kosong itu diisi oleh Jatim melalui sumber pendanaan dan pemberdayaan dengan tujuan menyejahterakan masyarakat," jelasnya.

Pemprov Jatim, lanjut Adhy, akan mengajak tidak hanya membantu masyarakat memenuhi kebutuhan dasar melainkan mengatasi bersama penurunan kemiskinan hingga penurunan stunting di Jawa Timur.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO