NasDem Siap Gulirkan Hak Angket Meskipun Tanpa PDIP

NasDem Siap Gulirkan Hak Angket Meskipun Tanpa PDIP Politisi Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022). Foto: Kompas.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Ketua DPP NasDem, Irma Suryani menegaskan hak angket tak menunggu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan () untuk menggulirkan hak angket dalam penyelidikan kecurangan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Menurutnya, hak angket adalah hak dari anggota DPR-RI dan bisa digulirkan tanpa harus menunggu fraksi terbesar bergerak.

"Angket itu hak DPR, akan kami lakukan ada atau tidak ada PDI-P," katanya saat ditemui di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Kamis (7/3/2024).

Irma mengatakan, Nasdem hingga saat ini menunggu hasil perhitungan suara selesai pada 20 Maret 2024.

Selain itu, ia mengatakan, bahwa koalisi perubahan solid dengan pengajuan hak angket.

Ia juga menuturkan, hak angket itu akan digunakan dengan tujuan klarifikasi bentuk dugaan kecurangan.

"Kan pemerintah juga punya hak jawab nanti di sana, jadi kan nggak harus khawatir, itu hal yang biasa-biasa kok," ucap Irma.

Perubahan sikap NasDem yang sebelumnya menunggu menjadi inisiator hak angket, karena hasil telaah terbaru dari tim DPP NasDem.

Setelah melakukan penelitian dan mengumpulkan banyak bukti, masih kata Irma, pihaknya percaya diri untuk menggulirkan hak angket pasca-perhitungan suara usai.

"Setelah diendorse PDI-P (terkait hak angket) kami penelitian, pembuktian banyak bukti dikumpulkan. Oh ternyata benar ada sesuatu yang harus kita pertanyakan," katanya. (rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO