Pj. Gubernur Adhy dan Dubes Ceko Bahas Rencana Pengembangan Transportasi Publik Berbasis Digital

Pj. Gubernur Adhy dan Dubes Ceko Bahas Rencana Pengembangan Transportasi Publik Berbasis Digital Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menerima kunjungan kerja Dubes Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek diiringi tarian jejer gandrung. Foto: DEVI FITRI AFRIYANI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pj. Gubernur Jawa Timur menerima kunjungan kerja Duta Besar (Dubes) Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Dolecek, di Gedung Negara Grahadi, Kamis (7/3/2024) pagi.

Kedatangan Dubes Ceko disambut langsung oleh Pj. Gubernur Adhy dengan tarian jejer gandrung asal Banyuwangi.

Dalam pertemuan ini, keduanya membahas tindak lanjut pengembangan kerja sama di sektor transportasi publik berbasis digital atau elektronik. Fokus utamanya adalah pada wilayah Gresik - Bangkalan - Mojokerto - Surabaya - Sidoarjo - Lamongan ().

Saat ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah mengambil beberapa langkah dalam pengembangan transportasi publik. Salah satunya adalah melalui proyek (SUMP) yang menghubungkan wilayah

"Saat ini sudah ada masterplan-nya. Serta kebutuhan Surabaya Raya ini sedang dibahas dan pengembangannya sangat dibutuhkan," ucapnya.

"Tadi kita sudah membahas kerja sama dan sudah mengerucut. Diskusinya hanya satu, yakni tranformasi sistem transportasi lokal Surabaya dan sekitarnya yang sudah kita selesaikan masterplan-nya dengan konsultan Jerman, Jepang, dan Inggris," imbuhnya.

Adhy menyebut bahwa pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan dengan Gubernur Jatim Periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa pada Juli 2023 lalu.

Untuk itu, pada pertemuan kali ini mengajak CEO , yang merupakan perusahaan teknik Ceko yang berfokus pada pengembangan moda transportasi digital berbasis elektrik.

"Melihat itu, tertarik untuk investasi dan telah membahas bersama Menteri Perhubungan RI untuk bisa ikut pada proyek pengembangan SUMP," katanya.

Adhy mengatakan bahwa memiliki kemampuan yang baik dalam bidang transformasi transportasi elektrik yang terkenal di Eropa.

"Melihat potensi ini, Trans Jatim milik kita juga bisa bertransformasi menjadi elektrik bus atau e-bus. Nantinya ini juga akan bekerja sama dengan PT. INKA. Ke depan akan ada pertemuan khusus antara Skoda dengan tim proyek kita," ucapnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO