Antisipasi Cyber Hack, Pemkot Kediri Hadiri Literasi Keamanan Digital Diskominfo Jatim

Antisipasi Cyber Hack, Pemkot Kediri Hadiri Literasi Keamanan Digital Diskominfo Jatim

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sehubungan dengan maraknya dalam dunia digital, Pemkot Kediri mengantisipasi hal tersebut dengan mengikuti Literasi Keamanan Digital yang digelar oleh Diskominfo Jatim, Rabu (6/3/2024).

Kegiatan yang dilakukan secara virtual itu mengambil tema 'Menjaga Keamanan Informasi dan Terwujudnya Harmonisasi antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-lingkup Jawa Timur'. Dalam agenda tersebut dijelaskan, acara dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya keamanan di media sosial.

Oleh karena itu, mengupayakan untuk memberikan pengetahuan tentang cara melindungi akun dari ancaman seperti pemerasan, penipuan online, dan penyalahgunaan data pribadi. juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menggunakan media sosial dengan lebih bertanggungjawab dan hati-hati.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Jatim, Putut Dharmawan, menyampaikan bahwa serangan cyber peretasan akun dan penyalahgunaan data pribadi telah menyebar luas.

“Salah satu problem terletak pada masih kurang optimalnya proses penanganan insidensi. Mulai dari alur koordinasi antar perangkat daerah, standart penyelesaian dan penanganan insiden cyber,” ujarnya.

“Seminggu yang lalu akun kami juga diretas, peretasan tersebut pasti akan terjadi juga ditempat bapak/ibu sekalian baik di jajaran provinsi maupun kabupaten/kota. Oleh karena itu kami ingin kolaborasi bersinergi bersama mengamankan layanan menjadi amanah dan tanggung jawab kepada masyarakat," paparnya menambahkan.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO