Jelang Ramadan 2024, Khofifah Ingatkan Masyarakat Tak Lakukan Panic Buying

Jelang Ramadan 2024, Khofifah Ingatkan Masyarakat Tak Lakukan Panic Buying Gubernur Jatim periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jatim periode 2019-2024,  Indar Parawansa, mengajak masyarakat untuk mempersiapkan diri menyambut Bulan Suci . Tidak hanya itu, ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak tergoda melakukan panic buying seperti yang sering dilakukan setiap menjelang .

Dijelaskan, apabila ada panic buying yang dilakukan masyarakat justru akan berdampak negatif pada ketersediaan bahan pokok di pasaran. Ia yakin, Pemprov Jatim bersama forkopimda akan melakukan monitoring dan memastikan bahwa stok bahan pangan aman, sehingga tidak perlu ada kekhawatiran masyarakat yang memicu panic buying di pasaran.

“Saya yakin Pemerintah provinsi Jatim juga telah tegas mengatakan bahwa stok bahan pangan di Jatim aman jelang bulan hingga lebaran Idul Fitri. Bahkan stok untuk beras kondisinya aman hingga enam bulan. Sehingga masyarakat tidak perlu untuk panic buying, belanja persiapan ramadan secukupnya dan jangan berlebihan,” urai , Rabu (6/3/2024).

Ketua Umum PP Muslimat NU ini menegaskan, panic buying memicu gejolak di sistem pasar yang menganut sistem supply and demand. Ketika permintaan meningkat pesat akan berpengaruh pada suplai dan jika berkurang harga akan naik, sehingga penting menjaga untuk kondisi supply and demand tetap terkendali serta terjaga.

Terutama untuk komoditas beras. Sebagai informasi, per bulan lalu, Bulog yang memiliki 40 gudang dan 13 cabang di Divisi Regional Jatim memiliki stok beras hampir mencapai 135 ribu ton. Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Jatim hingga enam bulan ke depan.

“Selain itu pemerintah di sejumlah titik juga aktif menggelar operasi pasar yang itemnya bukan hanya beras tapi juga ada minyak goreng, gula hingga telur ayam. Sehingga tidak ada yang perlu menjadi kekhawatiran dalam hal pemenuhan kebutuhan bahan pokok di bulan bahkan sampai lebaran nanti," kata .

Lebih lanjut, ia pun membagikan tips untuk mempersiapkan diri menyambut bulan . Yang pertama adalah fisik yang fit, di mana tubuh yang sehat adalah syarat utama untuk bisa melaksanakan ibadah Bulan Suci dengan lancar.

“Persiapan menyambut yang terpenting adalah penyiapan fisik dan psikologis. Pastikan kondisi badan bugar dan sehat. Karena bulan membutuhkan fisik yang prima, mulai dari puasa, hingga tarawih membutuhkan badan yang sehat,” pungkasnya. (dev/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO