Gagal Dapat APBD 2023, Kerusakan Jalan di Kembangan Gresik Kian Parah

Gagal Dapat APBD 2023, Kerusakan Jalan di Kembangan Gresik Kian Parah Kondisi jalan di Desa Kembangan usai diguyur hujan deras. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kerusakan jalan di , Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, kian parah. Kondisi ini terjadi sejak lama.

"Belum bisa kami lakukan perbaikan karena sejauh ini anggarannya belum ada," ucap Kepala Desa (Kades) Kembangan, Ngadimin, kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (22/2/2024).

Menurutnya, Pemdes Kembangan sudah merencanakan perbaikan kerusakan jalan tersebut pada tahun 2023.

Pada APBD perubahan 2023, sudah terdaftar mendapatkan bantuan melalui program pokok pikiran (pokir) DPRD Gresik sebesar Rp100 juta.

"Pemdes Kembangan sudah senang dan sudah woro-woro ke warga bahwa kerusakan jalan akan segera diperbaiki karena ada bantuan dari APBD-P 2023 dari pokir anggota DPRD Rp100 juta. Namun, anggaran itu kena kepras (coret) karena APBD defisit," ungkap Ngadimin.

Bahkan, Pemdes Kembangan sudah membuatkan rancangan anggaran dan belanja (RAB) untuk perbaikan kerusakan jalan tersebut.

"Tapi perbaikan belum bisa kami lakukan karena anggaran tak ada," terangnya.

Agar kerusakan jalan itu tak semakin parah, Pemdes Kembangan telah menyepakati bahwa perbaikan akan dilakukan pada tahun 2024 ini dengan mengambil dana desa (DD).

Sebab, kerusakan jalan tersebut sangat mengganggu aktivitas warga sekitar. Khususnya, ibu-ibu yang antar jemput anak sekolah.

"Kalau habis hujan, jalan yang banyak lubang besar terisi air sehingga menggenang dan membahayakan karena licin," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO