SALAH: Klaim Video Ucapan Selamat Muhaimin kepada Prabowo Usai Menang Pilpres 2024

SALAH: Klaim Video Ucapan Selamat Muhaimin kepada Prabowo Usai Menang Pilpres 2024

BANGSAONLINE.com - Sebuah potongan video yang memperlihatkan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1, Muhaimin Iskandar, sedang mengucapkan selamat kepada Calon Presiden Nomor Urut 1, , beredar di sejumlah grup WhatsApp.

Video yang tersebar secara berantai di grup-grup WhatsApp tersebut bersumber dari aplikasi Snack Video yang diunggah oleh akun "UPDATE POLITIK" pada 19 Februari 2024.

Narasi yang ditampilkan dalam video tersebut adalah: "AKHIRNYA CAK IMIN BERI SELAMAT KEPADA PRESIDEN PRABOWO MENDATANG !!". Sedangkan di bagian bawah video tertulis: "momen cak Imin mengucapkan selamat ke Prabowo".

Dalam video tersebut, Muhaimin juga menyampaikan sambutan yang isinya antara lain: "Alhamdulillah, selamat kepada Pak Prabowo surveinya semakin tinggi dan bagus. Gerindra juga naik terus pak suaranya. Ini tanda-tanda moga-moga juara pemilu juga Gerindra".

HASIL CEK FAKTA:

Hasil penelusuran Tim BANGSAONLINE, video tersebut adalah pertemuan antara Muhaimin dengan Prabowo sebelum Pilpres 2024, tepatnya tanggal 10 April 2023, bertempat di kediaman .

Hal itu berdasarkan artikel yang memuat berita serupa, salah satunya yang dimuat Kompas.com pada 10 April 2023, berjudul: "Elektabilitas Prabowo Kalahkan Ganjar dan Anies di Survei LSI, Cak Imin: Tanda Juara Pemilu 2024".

Dalam pertemuan itu, Muhaimin menyampaikan selamat kepada Prabowo atas hasil survei LSI yang menunjukkan peningkatan elektabilitas Ketua Umum Gerindra tersebut.

Dalam artikel itu disebutkan elektabilitas Prabowo mencapai 30,3 persen mengalahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 26,9 persen dan mantan Gubernur DKI Anies Baswedan 26,9 persen.

BANGSAONLINE juga menemukan video serupa yang dimuat oleh Detik.com pada 10 April 2023, berjudul: Cak Imin Beri Selamat ke Prabowo: Survei Tinggi Tanda Juara Pemilu.

Dalam video itu tampak Prabowo mengenakan kemeja batik cokelat, sedangkan Muhaimin mengenakan memakai batik hitam kombinasi cokelat, sama seperti dalam video yang beredar di WhatsApp.

Lihat juga video 'Sejumlah Pemuda di Pasuruan Dukung Muhaimin Maju Calon Presiden 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO