Dirjen IKMA Kemenperin Resmikan Gedung Sentra IKM Batik Kota Mojokerto

Dirjen IKMA Kemenperin Resmikan Gedung Sentra IKM Batik Kota Mojokerto Pj Wali Kota Mojokerto memdampngi Reni Yanita dari Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin saat melihat proses pembuatan batik. Foto: ROCHMAT SAIFUL ARIS/BANGSAONLINE

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemkot terus berupaya mendorong pertumbuhan perekonomian bagi para perajin batik yang tergabung dalam IKM atau industri kecil menengah batik, seperti membangun gedung untuk memusatkan penjualan.

Gedung sentra IKM Batik kota di Kelurahan Gunung Gedangan, Kecamatan Magersari, diresmikan oleh Reni Yanita dari Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) , Rabu (7/2/2024).

Dalam penyampaiannya kepada para awak media, ia mengatakan bahwa kedatanganya ke Kota untuk meresmikan sentra IKM Batik yang dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun lalu, meliputi anggaran untuk fisiknya dan DAK non fisik.

"Semoga, dengan adanya sentra IKM Batik ini, pengrajin Batik diseluruh Kota akan bisa melakukan proses produksi batik yang sesungguhnya. Karena, sudah ada proses pencelupan, pewarnaan dan penjemuranya," urai Reni.

Menurut dia, Sentra IKM Batik Kota ini dapat menjadi percontohan bagi daerah-daerah lain. Sebab, fasilitas bangunanya lengkap terdapat 62 sentra layanan dan bangunan juga dilengkapi dengan IPALnya.

"Selain itu, kelompok IKM batik Kota sangat aktif dalam mengembangkan motif desain, intinya untuk meningkatkan lagi motif batik yang sudah dikenal pecinta batik. Dalam hal ini, supaya masyarakat umum yang belum mengenal batik, termasuk generasi Z dan generasi milenial kita, dapat mencintai batik," ujarnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota , Moh. Ali Kuncoro, mengaku bangga dan bersyukur atas kehadiran Dirjen IKMA dalam peresmian sentra IKM Batik yang diberi nama Maja Bharama Wastra, artinya sebuah kain yang cantik yang berasal dari Bumi Majapahit.

"Besar harapan saya bangunan ini bisa menjadi pengikut perekonomian yang ada di kota , kota terkecil di Jawa Timur dan terkecil nomor empat se-Indonesia yang memiliki luas 21,48 kilometer," katanya.

"Namun demikian, walau kota kecil tapi menjadi kota pusat inovasi, karena 2 tahun berturut-turut sebagai kota terinovatif se-Indonesia dari Kemendagri. Tahun 2022 dan 2023 kita mendapat ganjaran penghargaan kota terinovatif se-Indonesia dan ini capaian yang luar biasa," imbuhnya. (ris/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO