Gubernur Khofifah Minta Perguruan Tinggi Ciptakan SDM Unggul dan Terus Lahirkan Inovasi

Gubernur Khofifah Minta Perguruan Tinggi Ciptakan SDM Unggul dan Terus Lahirkan Inovasi

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mendorong perguruan tinggi untuk terus melahirkan inovasi dan penciptaan sumber daya manunsia (SDM) yang unggul dalam menghadapi Indonesia Emas 2024.

Hal itu disampaikan dalam wisuda ke-109 (), Kamis (1/2/2024).

"Perguruan tinggi sebagai intelectual capital dalam menyambut Indonesia Emas 2045 sangat penting perannya. Perguruan tinggi menjadi episentrum lahirnya inovasi melalui SDM unggul yang dimiliki. Jika seringkali kita menyebut bahwa social capital itu penting, maka intelectual capital luar biasa perannya dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, utamanya dalam mencetak SDM yang unggul dan berkualitas," ujar .

"Perguruan tinggi harus terus menghasilkan inovasi. Kita harus mencari format-format terbaik melahirkan inovasi-inovasi terbaik. Ketika inovasi lahir, maka akan memberikan manfaat yang lebih baik dan lebih besar lagi," tambah gubernur.

Gubernur menguraikan, berdasarkan data dari IMD World Competitiveness Booklet 2023, Global Competitiveness Index ASEAN, Indonesia berada di peringkat 34. Sedangkan, Singapura berada di peringkat 4, Malaysia 27, dan Thailand di posisi 30.

Kemudian pada data Global Innovation Index 2023 yang dirilis oleh WIPO, Indonesia menempati posisi ke-61. Terhitung jauh dari dua negara ASEAN lain, yaitu Singapura dan Malaysia yang masing-masing di posisi 5 dan 36.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO