Selipkan Unsur Budaya di Pasar Wates, Bupati Kediri Diapresiasi Seniman Patung dari Yogyakarta

Selipkan Unsur Budaya di Pasar Wates, Bupati Kediri Diapresiasi Seniman Patung dari Yogyakarta Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, saat menerima lukisan dari seniman dari Yogyakarta. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ada yang istimewa saat Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, meresmikan Pasar Wates, Senin (29/1/2024). Pimpinan daerah yang akrab disapa Mas Dhito itu diberi cendera mata berupa lukisan yang menggambarkannya tengah mengendarai vespa dari seniman patung asal Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Win Dwi Laksono.

Seniman yang menggarap relief-relief Pasar Wates itu juga sangat mengapresiasi Bupati karena telah menyelipkan unsur budaya ke dalam pasar. Menurut dia, Pasar Wates secara fungsional merupakan tempat berjualan dengan penataan pedagang secara modern, namun ornamen dan relief yang ada tetap mengangkat nilai tradisional.

"Pasarnya di pinggiran, tapi dikelola dengan kesadaran budaya tradisional, itu mahal harganya. Saya salut dengan kesadaran tersebut," ujarnya.

Bupati telah meresmikan Pasar Wates, pasar tematik pertama di Bumi Panjalu. Peresmian dihadiri ratusan pedagang dan ditandai dengan pemotongan tumpeng serta penandatanganan prasasti yang dilakukan Mas Dhito.

Pasar Wates yang selesai direvitalisasi selama dua tahap pada 2022-2023 mengusung konsep tematik pasar wisata, budaya, tradisional, modern. Pasar ini bahkan akan menjadi percontohan untuk pasar lain, baik dari segi bangunan, digitalisasi pasar, sarana pendukung dan teknologi yang digunakan.

"Hari ini salah atau pasar terbaik yang dimiliki Kabupaten kediri adalah Pasar Wates. Harapannya, pasarnya sudah bagus, tolong dijaga kebersihannya," kata Mas Dhito.

Revitalisasi Pasar Wates dalam dua tahap menelan anggaran sekitar Rp16 miliar. Dengan anggaran sebesar itu, Bupati mewanti-wanti kepada pedagang maupun pengunjung untuk sama-sama saling menjaga.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO