Pakai Sepeda Penny Farthing, Dede Ngonthel Cianjur - Tulungagung

Pakai Sepeda Penny Farthing, Dede Ngonthel Cianjur - Tulungagung Dede Susilo saat akan meninggalkan Kota Kediri menuju Tulungagung. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dede Susilo (58), warga Jebrod, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, barangkali menjadi satu-satunya pesepeda di Indonesia yang ngonthel sejauh sekitar 800 km.

Ia menggunakan sepeda Penny Farthing, sepeda yang roda depannya lebih besar dari roda belakang.

Dede Susilo meninggalkan Cianjur pada hari Senin, 15 Januari 2024, dan sampai di Kediri hari Sabtu (27/1/2024) sekira pukul 08.00 WIB. Tujuan akhir Dede adalah rumah kakaknya di Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Anggota perkumpulan sepeda tua VOC () itu awalnya berangkat dari Cianjur menuju Bandung. Dari Bandung, lanjut Majalengka, Brebes, Purbalingga, Kebumen, Yogyakarta, Solo, Ngawi, Nganjuk, Kediri, dan finish di Tulungagung.

Di sepanjang perjalanan, Dede selalu disambut oleh penggemar sepeda tua. Seperti waktu tiba di Ngawi, Dede disambut Ketua , Yoga.

Kepada Yoga, Dede mengaku ada kendala saat di perjalanan, yaitu jari-jari roda patah. Tapi hal ini bisa diatasi sehingga dirinya bisa melanjutkan perjalanan lagi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO