Inflasi 2023 Sesuai Target, Pj Wali Kota Kediri Apresiasi Kerja Kolaboratif TPID

Inflasi 2023 Sesuai Target, Pj Wali Kota Kediri Apresiasi Kerja Kolaboratif TPID Pj Wali Kota Kediri, Zanariah.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Inflasi year on year (yoy) Kota 2023 berada di angka 2,64 persen berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) setempat. Sedangkan untuk inflasi Desember (month to month) 2023 sebesar 0,17 persen.

Secara yoy, inflasi Kota 2,64 persen masih sedikit lebih tinggi dari inflasi Nasional 2,61 persen, tapi masih di bawah inflasi Jawa Timur yang sebesar 2,92 persen. Pencapaian itu telah memenuhi target inflasi yang telah ditetapkan yaitu sebesar 3±1 persen, yang mana secara mtm inflasi Kota menempati posisi sebagai inflasi terendah di Jawa Timur.

Pj Wali Kota , Zanariah, mengatakan bahwa torehan ini menunjukkan berbagai program atau kegiatan dalam pengendalian inflasi menjelang Natal dan Tahun Baru berdampak positif terhadap inflasi di Kota Tahu.

"Pertama, Pemerintah Kota bersama TPID dan stakeholder terkait menggelar rapat koordinasi, evaluasi hingga high level meeting mengenai pengendalian inflasi di Kota ,  termasuk membahas berbagai komoditas yang mendominasi sebagai penyumbang inflasi. Ada pula kegiatan capacity building," ujarnya.

“Koordinasi terus kita bangun dalam mengendalikan inflasi. Kami membahas dan mencari solusi mengenai hal-hal yang dapat mempengaruhi inflasi di Kota . Kita jaga agar inflasi tetap terkendali," imbuhnya.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa TPID Kota bersama stakeholder terkait juga melakukan sosialisasi terhadap masyarakat melalui berbagai media dengan harapan, publik mengetahui ketersediaan komoditas serta mengajak mereka untuk bijak dalam berbelanja.

"Informasi terus kita berikan agar ketika terjadi kenaikan harga masyarakat tidak panik. Serta masyarakat bisa bijak dalam berbelanja khususnya pada momen Natal dan Tahun Baru kemarin," paparnya.

Dalam mengendalikan inflasi, kata Zanariah, juga dilakukan operasi pasar dan gerakan pangan murah yang bertujuan untuk menekan harga-harga di pasar agar stabil. Dengan demikian, masyarakat dapat menjangkaunya.

"Kegiatan pasar murah ini digelar di kelurahan-kelurahan yang ada di Kota . Komoditas yang dijual adalah komoditas yang banyak dibutuhkan masyarakat," pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO