Pupuk Subsidi Langka, PC PMII Pamekasan Geruduk Kantor Bupati

Pupuk Subsidi Langka, PC PMII Pamekasan Geruduk Kantor Bupati PC PMII Pamekasan saat menggelar demo di kantor bupati. Foto: DIMAS MAULANA SUGIANTO/BANGSAONLINE

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam PC mengepung kantor bupati, Senin (8/1/2024). Peristiwa itu merupakan respons terhadap kelangkaan pupuk bersubsidi di Bumi Gerbang Salam.

Ketua PC , Homaidi, mengatakan bahwa kelangkaan pupuk bersubsidi diduga karna permainan dari distributor yang tidak mempunyai izin akan tetapi dibiarkan oleh pemerintah daerah setempat. Menurut dia, hal tersebut membuat petani kesulitan mendapatkan pupuk.

"Sangat ironis lagi ketika harga pupuk bersubsidi di Kabupaten dalam tembusan tidak sesuai dengan HET yang sudah diatur dalam peraturan Menteri Pertanian No 10 tahun 2022," ujarnya.

Ia pun menyebut, mayoritas masyarakat di berprofesi sebagai petani dan kelangkaan pupuk bersubsidi setiap tahunnya menjadi beban untuk mereka memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Hal ini menjadi masalah serius di Kabupaten setelah masyarakat tani dikhawatirkan dengan kelangkaan pupuk, kemudian ditambahkan dengan harga pupuk yang melambung tinggi," katanya.

Menanggapi pernyataan itu, Pj Sekdakab , Achmad Faisol, mengaku bakal mendiskusikan kelangkaan pupuk kepada para pemilik kios. Pihaknya bakal menegur jika ditemukan pelanggaran atau ketidaksesuaian dalam regulasi yang telah ditetapkan.

"Saat ini kami belum siap menunjukkan data-data yang diminta, artinya kami butuh waktu untuk menyiapkan hal tersebut,” ucapnya singkat.

Tidak puas dengan jawaban Faisol, massa aksi langsung menyegel pintu masuk Kantor Bupati menggunakan rantai. Kemudian, mereka mendatangi beberapa kios yang ada di . (dim/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO