Enggan Diliput, Ketua KPU Kabupaten Kediri Minta Maaf

Enggan Diliput, Ketua KPU Kabupaten Kediri Minta Maaf Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi, saat menyampaikan permintaan maaf di hadapan awak media. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dugaan pelarangan dan menghalangi kerja jurnalistik sejumlah awak media oleh Ketua , Ninik Sunarmi, saat proses sortir serta pelipatan surat suara berakhir damai.

Hal itu terjadi setelah Ketua menyampaikan permintaan maaf atas tindakan yang dilakukan beberapa waktu lalu.

"Saya dan seluruh anggota mohon maaf atas kesalahan-pahaman dan ketidaknyamanan kawan-kawan media yang terjadi saat proses sortir dan pelipatan surat suara beberapa waktu lalu," kata Ninik saat media gathering, Senin (8/1/2024).

Sebelumnya, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Kediri, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri, dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kediri mengeluarkan pernyataan sikap dan mengecam sikap Ketua yang sempat melarang jurnalis melakukan peliputan dalam kegiatan proses sortir dan pelipatan surat suara pada Jumat (5/1/2024).

Ketiga organisasi kewartawanan di Kediri itu mendesak pihak terkait untuk meminta maaf secara terbuka, dan menjelaskan alasan pelarangan peliputan itu.

Sebab, pelarangan kegiatan jurnalistik bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers yang menjamin kerja-kerja jurnalis dalam mencari, memperoleh, menyebarluaskan gagasan dan informasi. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO