Jawa Timur Raih Banyak Penghargaan di Bidang Pendidikan dalam 5 Tahun Terakhir

Jawa Timur Raih Banyak Penghargaan di Bidang Pendidikan dalam 5 Tahun Terakhir

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa optimis prestasi bidang pendidikan Jatim akan semakin di tahun 2024 ini. Hal ini melihat begitu banyak prestasi bidang pendidikan yang telah diraih dalam lima tahun terakhir.

Untuk itu, ia secara khusus berterima kasih kepada seluruh guru, dan tenaga pendidikan di Jatim atas sumbangsihnya yang luar biasa selama ini terhadap dunia pendidikan di wilayah Jatim.

Ia mengatakan seluruh prestasi yang berhasil diraih tak lepas dari upaya dan jerih payah para guru, kepala sekolah, dan kegigihan para siswa di Jatim.

"Kami sangat berterima kasih kepada para guru di seluruh pelosok daerah di Jawa Timur. Mudah-mudahan seluruh ikhtiar ini selalu diberikan kemudahan, kesuksesan, keberkahan, dan menjadi amal jariyah panjenengan semua," ujar Gubernur , Sabtu (6/1/2024).

Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kata dia, tak akan pernah berhenti memberikan perhatian kepada para guru dengan harapan dunia pendidikan semakin berkualitas dan tercetak sumber daya manusia-sumber daya manusia yang hebat serta handal.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu juga berharap dinas pendidikan menjaga dan meningkatkan sejumlah prestasi yang diraih sepanjang tahun 2023.

"Menjadi harapan bersama bahwa capaian prestasi dan prestisius yang diraih bisa dijaga dan ditumbuhkembangkan," kata .

Capaian lain yang patut dipertahankan dan ditingkatkan, lanjut dia, Jatim menjadi daerah dengan penerimaan di perguruan tinggi negeri (PTN) tertinggi di Indonesia selama empat tahun berturut-turut.

Menurut dia, berbagai ide dan program harus menjadi ajang menyiapkan pelajar di Jatim dalam meraih prestasi terbaik di tahun-tahun mendatang.

Siswa-siswi harus dipersiapkan untuk menjadi generasi penerus pemimpin di masa depan yang berkontribusi pada kemajuan bangsa. Dengan demikian, diharapkan Dinas mampu menyiapkan generasi menuju Indonesia Emas 2045.

"Jatim terus melakukan inovasi, bimbingan, dan pelatihan dengan output berbagai prestasi yang diraih pada ajang bergengsi tingkat nasional maupun internasional di bidang sains, seni, dan olahraga," tuturnya.

Salah satu raihan prestasi yaitu penghargaan atas pendidikan kurikulum "double track". Penghargaan didasari berbagai aspek seperti alokasi anggaran pendidikan APBD sejak 2019 kepada lebih dari 4.000 SMA, SMK, dan SLB yang berhasil meningkatkan kesejahteraan guru dan siswa.

Dinas juga sedang menjalankan berbagai program seperti program SMK pengampu, SMA pengimbas, SMK mini, serta SMA "double track".

Dampaknya, jumlah siswa Jatim yang diterima perguruan tinggi tanpa tes (SNBP) berada di posisi tertinggi di tingkat nasional, hingga raihan juara Olimpiade Sains Nasional sejak 2020 sampai 2022.

Beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Aries Agung Paewai juga menerima penghargaan dari Chief of Java Field Office Unicef Digital Skills Program Tubagus Arie Rukmana atas program SMA "double track".

Penghargaan ini diberikan atas komitmen Dinas dalam mencegah anak putus sekolah dan pengangguran di Jawa Timur melalui SMA "double track".

Prestasi lainnya, Provinsi Jawa Timur menyabet gelar Juara Umum Lomba Kompetisi Siswa (LKS) SMK Nasional XXXI Tahun 2023 dengan raihan total 29 medali. Jatim membawa pulang 16 medali emas, 3 medali perak, dan 10 medali perunggu.

Prestasi ini menjadi pelecut semangat seluruh siswa SMK Jatim ke depannya untuk semakin mengembangkan potensi dan kreativitas. Gubernur juga meminta siswa SMK untuk semakin membangun koneksi dan integrasi dengan dunia usaha dan dunia industri.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO