Keluarga Pejuang, Pahlawan, Pendiri NU, Malam Ini Puncak Haul ke-14 Gus Dur di Pesantren Tebuireng

Keluarga Pejuang, Pahlawan, Pendiri NU, Malam Ini Puncak Haul ke-14 Gus Dur di Pesantren Tebuireng KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Foto: ist

JOMBANG, BANGSAONLINE.com – Puncak acara haul ke-14 Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid () bakal digelar di Pesantren Jombang malam ini, Sabtu malam Ahad (6/1/2024). Para kiai dari berbagai daerah diperkirakan hadir dalam acara yang biasa dipusatkan di makam di pesarean keluarga Pesantren

Di makam itu juga terbaring jasad Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy’ari (kakek ), KH Abdul Wahid Hasyim (ayah ), KH M Yusuf Hasyim (paman ), KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah, adik ) dan keluarga Pesantren lain yang sudah wafat.

Keluarga dikenal sebagai keluarga pejuang. Hadratussyaikh Kiai Hasyim Asy’ari adalah pendiri Nahdlatul Ulama (NU), organisasi terbesar di Indonesia bahkan di dunia. 

Hadratussyaikh juga pendiri Pesantren . Hadratussyaikh juga terlibat langsung dalam perjuangan kemerdekaan RI. 

Bahkan tokoh pejuang nasional seperti Soekarno, Jenderal Soedirman, Bung Tomo dan pejuang nasinal lainnya banyak minta nasehat kepada Hadratussyaikh. 

Karena itu Presiden RI pertama, Soekarno menetapkan Hadratussyaikh sebagai pahlawan nasional dengan SK Presiden RI No.294 November 1964.

Begitu juga Kiai A Wahid Hasyim. Ayah itu dikenal sebagai pejuang kemerdekaan RI sekaligus pendiri Republik Indonesia. 

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO