Bawaslu Kota Madiun Sosialisasikan Peran Pelbagai Pihak dalam Pengawasan Tahapan Pemilu 2024

Bawaslu Kota Madiun Sosialisasikan Peran Pelbagai Pihak dalam Pengawasan Tahapan Pemilu 2024 Ketua Bawaslu Kota Madiun saat membuka sosialisasi. Foto: HENDRO SUHARTONO/BANGSAONLINE

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Demi berjalan dengan lancar dan aman , Kota mengharapkan adanya peran serta aktif dari lapisan masyarakat dalam mengawasi tahapan demi tahapan yang ada.

Maka dalam hal ini, terutama dari unsur media, akademisi, pelajar, dan mahasiswa untuk turut serta dalam pengawasan partisipatif kampanye pesta demokrasi mendatang, sehingga hal ini perlu disosialisasikan.

Pentingnya peran serta dari berbagai unsur dan kalangan yang ada di masyarakat disampaikan secara langsung oleh Ketua Kota, Wahyu Sesar, karena adanya keterbatasan personel yang dimiliki pihaknya.

"Kita sebagai pengawas pemilu merasa sangat kurang dalam jumlah personel. Sehingga kita perlu mensosialisasikan perannya masyarakat, khususnya dari unsur unsur media, akademisi, pelajar, dan mahasiswa," paparnya, Minggu (24/12/2023).

Sosialisasi yang berada di Aula Kantor Kota berjalan dengan tertib dan hidup. Karena diikuti oleh utusan dari para pemuda dan pelajar yang ada di Kota Pendekar. Sehingga benar-benar perlu disosialisasikan.

"Kami sebagai diberi wewenang tugas dan tanggung jawab untu oleh pusat untuk meningkatkan peran partisipasi pengawas sebagaimana diatur di dalam Peraturan Nomor 2 tahun 2023 tentang pembentukan pengawasan partisipatif," urai Wahyu.

Adanya peran pantisipatif yang terus meningkat dari masyarakat khususnya kepada pemilih pemula menurut dia merupakan tantangan yang harus segera terselesaikan mengingat waktu terus berjalan.

"Kita harus semakin giat dalam mendorong meningkatnya tingkat partisipasi masyarakat pada saat 14 Februari 2024 nanti. Terutama pada para pemilih pemula. Dan ini merupakan tantangan bagi semua," tegasnya. (dro/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO