Berstandarisasi, PDAM Tirta Dharma Purabaya Madiun Hasilkan Air Layak Konsumsi

Berstandarisasi, PDAM Tirta Dharma Purabaya Madiun Hasilkan Air Layak Konsumsi Kantor PDAM Tirta Dharma Purabaya, Kabupaten Madiun. Foto: HENDRO SUHARTONO/BANGSAONLINE

MADIUN, BANGSAONLINE.com - PDAM Tirta Dharma Purabaya, Kabupaten, telah memiliki standarisasi pengolahan air yang sudah sesuai dengan ketentuan, sehingga layak untuk dikonsumsi. Dirut PDAM Tirta Dharma Purabaya, Sumariyono, merincikan hal tersebut.

"BUMD itu punya standarisasi terhadap pelayanan, baik dari air dalam tanah maupun air permukaan. Yang jelas, sistem air permukaan itu di PDAM prosesnya melalui in take, ke bak pengendap lumpur, terus ke IPA (instalasi pengolahan air), dan dimasukkan ground yang airnya nanti akan kita uji lab," paparnya kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (15/12/2023).

Setelah uji lab layak konsumsi, kata Sumariyono, barulah dilakukan pendistribusian kepada masyarakat melalui perpipaan yang telah ada, dan setiap bulannya akan kembali diadakan uji lab. Sehingga, masyarakat mengetahui bahwa air yang dikonsumsi sudah sesuai dengan standar dari regulasi yang ada. 

"Hingga saat ini, semua masih sesuai dengan standarnya. Kualitas air yang selalu kita jaga dan untuk konsumsi warga kemungkinan sangat kecil dalam menyebabkan . Dan untuk mengurangi risiko itu, kita berharap warga selalu menggunakan air dari PDAM," imbaunya.

Terkait kepedulian untuk mengatasi penurunan angka dan warga kurang beruntung dalam memperoleh air bersih, PDAM Tirta Dharma Purabaya sering mengadakan program pasang gratis maupun biaya air gratis selama 2 bulan.

"Untuk membantu program pemerintah, khususnya untuk warga dalam memperoleh air bersih, kita sering mengadakan program pasang gratis serta pembayaran gratis terutama kepada masyarakat yang kurang beruntung. Dan jumlah yang kita tawarkan hingga ribuan lebih," urai Sumariyono.

Ia pun kembali meminta kepada masyarakat di Kabupaten untuk mengonsumsi air dari PDAM Tirta Dharma Purabaya. Sedangkan untuk mencuci, mandi maupun menyirami tanaman, masyarakat dipersilakan untuk menggunakan sumber air yang lain (jika ada). (dro/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO