Kali Lamong Meluap, 9 Desa di Gresik Terendam

Kali Lamong Meluap, 9 Desa di Gresik Terendam luapan Kali Lamong merendam Desa Karangsemanding, Kecamatan Balongpanggang, Gresik. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com yang melalui sejumlah kecamatan di meluap, Jumat (8/12/2023) dini hari. Adapun daerah yang dilalui yaitu, Kecamatan Balongpanggang, Benjeng, Cerme, dan Kebomas.

Akibatnya, ada 6 desa di Kecamatan Balongpanggang (Dapet, Sekarputih, Banjaragung, Wotansari, Karangsemanding, dan Ngampel) terendam. Sedangkan 3 desa di Kecamatan Benjeng yang terendam yakni Desa Sedapur Klagen, Bengkelolor, dan Lundo.

"Sudah ada 9 desa yang terendam. 6 desa di Kecamatan Balongpanggang dan 3 desa di Kecamatan Benjeng," ucap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) , Darmawan.

Menurut dia, kondisi debit air di masih tinggi. Sebab, curah hujan yang lebat di daerah tetangga seperti Mojokerto dan sekitarnya.

"Melihat arusnya cukup deras, saya harapkan supaya kepala desa yang desanya terdampak banjir agar menghimbau kepada warganya terutama anak anak untuk hati-hati dan waspada," ujarnya.

Sementara itu, Camat Balongpanggang, Muhammad Amri, menyebut luapan mulai masuk ke desa sekira pukul 00.30 WIB.

"Debir air , tepatnya di jembatan Brak, Desa Ngampel meningkat. Hal ini disebabkan curah hujan sangat lebat dengan rata-rata 60mm-63 mm di area Semampir dan Sembung. Balongpanggang pun terdampak atas luapan ," paparnya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO