Kasus Covid-19 Meningkat, Simak Imbauan Kemenkes

Kasus Covid-19 Meningkat, Simak Imbauan Kemenkes Kasus Covid-19 Meningkat, Simak Himbauan Kemenkes. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kasus Covid-19 meningkat di beberapa negara, seperti Malaysia dan Singapura. Sementara di Indonesia turut mengalami kenaikan, namun belum memicu lonjakan pasien di rumah sakit.

Siti Nadia selaku Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI menjelaskan bahwa varian Covid-19 saat ini di Indonesia, didominasi oleh varian Eris atau EG.5 dan EG.2.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin memberikan respon mengenai peningkatan laju kasus Covid-19 dengan mengimbau masyarakat untuk menerapkan perlindungan ganda. Adapun perlindungan ganda yang dimaksud ialah vaksinasi dan menjalankan protokol kesehatan.

"Kami juga melihat ada kenaikan, cuma kan memang bagusnya, kita masih ada vaksinasi. Kalau itu divaksin, kita seharusnya bisa bagus," ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Budi Gunadi menyarankan masyarakat yang belum melakukan vaksinasi Covid-19 dosis penguat untuk segera mengakses layanan di fasilitas kesehatan terdekat. Vaksin Covid-19 masih bisa didapatkan hingga akhir Desember 2023 secara gratis.

Selain vaksinasi, Menkes Budi Gunadi dan Siti Nadia memberikan beberapa tips untuk mencegah Covid-19, yaitu:

1. Menggunakan masker saat sedang sakit. Penggunaan masker juga disarankan bagi lansia dan warga dengan penyakit bawaan (komorbid) saat berada di tempat umum.

2. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air bersih dan mengalir.

3. Menunda berpergian ke negara yang saat ini mengalami lonjakan kasus Covid-19.

Gejala Covid-19 Varian Eris:

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO