Dongkrak Perekonomian Masyarakat di Kota Agropolitan, Batu Shining Orchids Week 2023 Kembali Digelar

Dongkrak Perekonomian Masyarakat di Kota Agropolitan, Batu Shining Orchids Week 2023 Kembali Digelar Pengunjung Batu Shining Orchids Week 2023. Foto: ADI WIYONO/BANGSAONLINE

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com Shining Orchids Week 2023, pameran anggrek berskala nasional kembali digelar pada 2-9 Desember 2023. Acara tahunan yang ke-7 ini berlangsung di Balai Kota Among Tani, Kota .

Agenda yang diprakarsai bersama Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Malang Raya dan PAI Jatim ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional, serta dalam rangka pengembangan budidaya anggrek.

" Shining Orchids Week 2023 secara resmi dibuka oleh Pj Wali Kota , sekaligus acara tersebut rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-22 Kota ," kata Ketua Departemen Agribisnis DPP PAI, Novianto.

Ia menyatakan, Pj Wali Kota , Aries Agung Paewai, berharap dengan digelarnya pameran anggrek dapat menciptakan wirausaha baru, terutama kalangan muda serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Novianto pun mengatakan bahwa pameran ini diikuti 72 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, dan menampilkan berbagai jenis anggrek seperti Dendrobium, Cattleya, Vanda, Phalaenopsis, Paphiopedilum, Oncidium, dan Grammatophyllum, dengan harga bervariasi mulai Rp65 ribu hingga Rp75 juta

"Pameran Shining Orchids Week 2023 dilakukan setiap tahun, mulai tahun 2017 sampai 2020, dan karena ada Covid-19, pameran tersebut sempat tertunda. Pada tahun ini adalah yang ke-7, target kami berikutnya adalah menjadi tuan rumah Asia Pacific Orchid Conference dan menjadi penyelenggara pameran angrek se-dunia pada 2028," paparnya.

Selain menghadirkan 72 stan bursa anggrek, juga ada orchid landscape competition, orchid competition, dan seminar yang diikuti DPD PAI se-Indonesia. Shining Orchid Week 2023 telah mengadakan Kontes anggrek untuk memilih tanaman Anggrek terbaik.

"Ada 3 kategori besar yaitu Best of Show, Best of Species, Best of Hybrid, dan Best of Orchid Landscape. Kontes Anggrek yang dinilai oleh juri international JB Tay (Singapore) dan Manohar Mariapan (Malaysia). Juri nasional dari Indonesia Orchid Society dan juri PAI Jatim Academy," kata Novianto

Dalam ajang ini, semua juri bersepakat untuk mengumumkan nama0nama pemenang. Berikut nama tanaman dan nama peserta yang mendapatkan medali dalam kontes anggrek di Shining Orchid Week 2023: 

Lihat juga video 'Balita Perempuan Disiksa Calon Bapak Tiri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO