Peduli HIV/AIDS, PIK-R SMKN 1 Purwoasri Gelar Aksi Simpatik di Kawasan SLG

Peduli HIV/AIDS, PIK-R SMKN 1 Purwoasri Gelar Aksi Simpatik di Kawasan SLG Anggota PIK-R SMK Negeri 1 Purwoasri saat menggelar aksi simpatik di kawasan SLG. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati hari HIV/AIDS sedunia () yang jatuh pada tanggal 1 Desember, sejumlah pelajar yang tergabung dalam wadah PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja) SMK Negeri 1 Purwoasri, Kabupaten , menggelar aksi simpatik di kawasan , Minggu (3/12/2023).

Icha Oktavia Rahmadhani, salah satu anggota PIK-R SMK Negeri 1 Purwoasri, mengatakan aksi simpatik ini bertujuan mengingatkan masyarakat agar berhati-hati dengan HIV/AIDS.

Menurut dia, HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan sebuah virus yang sampai saat ini masih menjadi perhatian kesehatan global. Mengingat, virus tersebut bisa menyerang sistem kekebalan tubuh di dalam manusia dan memicu penyakit Acquired Immunodeficiency Syndrome atau AIDS.

"Dalam kegiatan ini, kami membagikan gantungan kunci yang bertulisan 'Justice Og Youth' Just Say 'No' To HIV/AIDS. Selain itu, kami juga meminta masyarakat untuk ikut bertandatangan di banner yang sudah kami siapkan," kata Icha.

Icha berharap apa yang dilakukan PIK-R ini bisa menjadi pengingat sekaligus meningkatkan kesadaran tentang HIV/AIDS kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten .

"Apa yang kami lakukan ini merupakan salah satu upaya pencegahan penularan HIV/AIDS dan menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS," tutup Icha.

Seperti diketahui, Hari AIDS Sedunia pertama kali dirayakan pada 1 Desember 1988. Awalnya gagasan peringatan Hari AIDS Sedunia bermula dari seorang jurnalis yang berupaya memanfaatkan celah media antara pemilihan presiden AS tahun 1988 dan momen natal. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO