Pemotongan Gaji GTT di Sampang, Ketua DPRD Minta Polisi Tetap Tangani Kasus Meski Laporan Dicabut

Pemotongan Gaji GTT di Sampang, Ketua DPRD Minta Polisi Tetap Tangani Kasus Meski Laporan Dicabut Wako Wadidi, GTT SDN Tamberu Barat 1 korban pemotongan gaji oleh kepala sekolah saat didampingi kuasa hukumnya. Foto: Ist.

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Kasus pemotongan gaji guru tidak tetap (GTT) di 1, Kecamatan Sokobanah, Sampang, tampaknya tak berlanjut. Pasalnya, Wako Wadidi selaku pelapor mencabut laporannya setelah menerima pengembalian uang sejak 2022 sebesar Rp7.350.000 yang dipotong oknum kepala sekolah.

Menyikapi kasus yang viral sepekan belakangan tersebut, dinas pendidkan dan Ketua beda pandangan. Disdik berkeinginan menyelesaikan kasus itu secara kekeluargaan, sedangkan ketua DPRD minta agar tetap untuk diungkap.

Ketua Fadol mengatakan kasus yang sedang ditangani oleh Polres Sampang tersebut harus tetap diproses. Sebab, kasus tersebut berkaitan tentang anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

“Kasus ini tetap harus diproses oleh polisi, bahkan harus ditindaklanjuti secara serius,” kata dia, Selasa (28/11/2023).

Menurut politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, yang menjadi perhatian dalam kasus pemotongan gaji ini bukan masalah nominalnya, melainkan etika dan moralitas oknum kepala sekolah. Ia menilai tindakan kepala sekolah sama dengan tidak menghargai profesi guru dan tenaga pendidik.

Fadol mecurigai kasus seperti ini tidak hanya terjadi di 1, tetapi juga di sekolah lainnya. Ia juga menyayangkan pihak sekolah yang sempat mengintimidasi guru yang mengungkap pemotongan gaji.

“Kasus seperti ini dikhawatirkan juga terjadi di sekolah lain,” tegasnya.

Sedangkan Sekretaris Dinas Pendidkan (Disdik) Sampang, Muhammad Imran, berhatap masalah ini bisa diselesaikan secara kekeluargaaan. Apalagi kepala sekolah dan bendahara kepada telah meminta maaf.

“Pihak sekolah dan guru yang gajinya dipotong bisa saling memaafkan dan kasus ini selesai secara kekeluargaan,” ungkapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO