Pj Bupati Bangkalan Apresiasi Pentas Seni Sandur yang Digelar Syafiuddin

Pj Bupati Bangkalan Apresiasi Pentas Seni Sandur yang Digelar Syafiuddin Anggota Komisi V DPR RI, Syafiuddin, saat bersama Pj Bupati Bangkalan, Arief Moelia Edie.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pj Bupati , Arief Moelia Edie, mengapresiasi pentas seni sandur yang digelar anggota Komisi V , Syafiuddin, di Desa Padurungan, Kecamatan Tanah Merah, Rabu (15/11/2023). Pertunjukan itu menampilkan seni tradisional dari masyarakat di .

Agenda tersebut juga dihadiri Bupati Sampang, Slamet Junaidi; Ketua DPRD , Efendi; Dandim 0829/, Letkol Kav Taufik Dwinova; Forkopimda setempat, dan ratusan blater (sebutan untuk tokoh di Madura) yang datang dari seluruh pelosok , dan luar daerah.

Syafiuddin menjelaskan, pentas seni sandur ialah seni tradisional Madura yang sudah turun temurun dan bagian warisan dari leluhur. Menurut dia, sandur mampu memecahkan simpul-simpul kebuntuan di antara para tokoh, seperti sudah lama tidak ketemu karena kesibukannya, serta dapat membangun silaturahmi lebih dalam dan erat.

"Dengan kegiatan Sandur membangun keakraban para tokoh Blater lebih erat lagi, membangun silaturrahmi lebih lengket serta dapat melestarikan budaya song osong lombhung (gotong royong)," ujarnya.

"Sehingga, sandur ini tidak hanya sebatas perkumpulan para tokoh Blater, akan tetapi mampu melestarikan budaya lokal , Madura. Sandur dapat mecairkan suasana lebih akrab," imbuhnya.

Ia mengatakan, di dalam pentas seni ada kegiatan arisan antaranggota komunitas, sedangkan besarnya arisan tidak sama setiap individu, disesuaikan dengan kemampuan. Perbedaan besarnya nilai pun tidak dipersoalkan sebagai wujud kebersamaan warga Madura, tidak memandang perbedaan atau kemampuan setiap individu.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':