RSUD Sidoarjo Naik Kelas A, Bupati Diapresiasi Dirjen Yankes Kemenkes

RSUD Sidoarjo Naik Kelas A, Bupati Diapresiasi Dirjen Yankes Kemenkes Dirjen Yankes Kemenkes saat menyerahkan SK RSUD Sidoarjo Kelas A kepada bupati. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah pusat telah mengeluarkan izin perubahan kelas B menjadi A bagi RSUD , Senin (13/11/2023). Persetujuan ini diterima Bupati , Ahmad Muhdlor Ali, dari Dirjen Yankes , Azhar Jaya.

Penyerahan dilakukan dalam pengukuhan RSUD menjadi rumah sakit kelas A di Bale Bumi Mojopahit Gedung Dialisis. Dengan predikat kelas A, pelayanan kesehatan RSUD sudah sejajar dengan RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Bupati , Ahmad Muhdlor Ali, mengaku bangga lantaran RSUD dapat berubah menjadi rumah sakit kelas A, seiring dengan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Sehingga, semakin banyak layanan unggulan bagi pasien, termasuk SDM (sumber daya manusia) yang mumpuni dan alat kedokteran yang lebih lengkap.

"Semoga dengan perubahan RSUD dari kelas B menjadi kelas A ini menjadi tonggak awal pelayanan kesehatan di bukan hanya dari kuantitas tapi kualitas yang juga diperhatikan," kata , sapaan akrab Bupati .

Menurut dia, RSUD menjadi satu kebanggaan bersama. Tidak hanya bagi pemerintah daerah setempat, namun juga warga di Kota Delta, karena menjadi satu-satunya kabupaten di Jawa Timur bahkan di Indonesia yang memiliki rumah sakit kelas A.

dan jajaran manajemen RSUD menunjukkan SK RSUD kelas A. Foto: Ist

Saat ini beberapa rumah sakit kelas A di Jawa Timur masih dimiliki oleh Pemprov Jatim, seperti RSUD dr. Soetomo Surabaya, dan RSUD dr. Saiful Anwar Malang, serta RSPAL dr. Ramelan Surabaya milik TNI AL.

"Ini menjadi kebanggaan bagi kita semua, kita juga berencana membentuk holding rumah sakit, rencana itu sudah kita ajukan dan masih proses, dan ini mungkin juga menjadi yang pertama bagi kabupaten yang menerapkan sistem holding pada rumah sakitnya. Nantinya seluruh rumah sakit yang kita miliki menjadi satu manajemen sehingga quality control, quality assurance, dan lain sebagainya menjadi satu," urai .

Sementara itu, Dirjen Yankes , Azhar Jaya, menyebut berubah menjadi rumah sakit tipe A tidaklah mudah. Banyak penilaian yang dilakukan lembaganya. Mulai dari SDM nya, peralatannya sampai manajemennya.

"Menjadi rumah sakit tipe A itu tidak mudah, semua harus kami nilai karena kami harus pastikan bahwa rumah sakit ini bisa menjadi rujukan tertinggi di Indonesia rumah sakit tipe A," ujarnya.

Ia mengaparesiasi Bupati , Ahmad Muhdlor Ali, yang telah meningkatkan kelas RSUD dari B naik ke A. Ia juga mengatakan saat ini ruang lingkup pelayanan kesehatan RSUD sudah tingkat nasional.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':