Gandeng OJK, Pemkot Kediri Ikuti Sosialisasi Waspada Investasi dan Pinjol Ilegal

Gandeng OJK, Pemkot Kediri Ikuti Sosialisasi Waspada Investasi dan Pinjol Ilegal Bagus Alit, Sekretaris Daerah Kota Kediri.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com  terus membangun kerja sama dengan dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang investasi dan pinjaman online () ilegal. Hal tersebut diwujudkan dalam sosialisasi bertajuk 'Waspada Investasi dan Pinjol Ilegal', Senin (30/10/2023).

Dalam agenda yang diikuti oleh Kodim, FKUB, organisasi, komunitas, lembaga, dan akademisi perguruan tinggi se-Kota Kediri ini, Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit mengatakan pertumbuhan ekonomi di Kota Tahu sedang dalam kondisi berusaha merangkak naik pascapandemi Covid-19.

"Kondisi pertumbuhan ekonomi tahun ini memang sudah lebih baik daripada saat pandemi, yaitu 3,95% di tahun 2022, dibandingkan tahun 2020 yang mencapai -6,25%. Namun persentase ini belum menyamai kondisi sebelum pandemi, yaitu 5,47% di tahun 2019," ucapnya.

Di tengah pemulihan ekonomi ini, kata Bagus, fenomena investasi bodong dan maraknya ilegal menjadi salah satu penyebab perputaran uang 'menguap' serta merugikan masyarakat.

"Pasti kita sering menjumpai iklan-iklan trading, investasi, bahkan di handphone kita dengan iming-iming beragam. Namun kenyataannya itu semua tidak seindah yang dibayangkan. Investasi dan trading yang menjanjikan keuntungan cepat dan banyak, nyatanya itu semua bodong. Ini menjadi lingkaran permasalahan yang perlu kita putus bersama-sama," paparnya.

Ia menyadari masyarakat memang membutuhkan pinjaman untuk memulai atau mengembangkan usaha. Namun, telah menyiapkan program akses keuangan yang legal dan aman, seperti Kredit Usaha Melayani Warga (Kurnia) dengan bunga hanya 2 persen dan koperasi RW yang sudah tersebar di Kota Kediri.

"Panjenengan bisa mamanfaatkan program-program pemerintah yang sudah terjamin keamanannya. Perlu panjenengan ingat, bahwa tidak ada usaha yang bisa instan dengan keuntungan yang cepat dan besar," tuturnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO