Pimpin Upacara Sumpah Pemuda, Wawali Pasuruan Ajak Pemuda Jaga Persatuan dan Kesatuan

Pimpin Upacara Sumpah Pemuda, Wawali Pasuruan Ajak Pemuda Jaga Persatuan dan Kesatuan

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Wali Kota Pasuruan, , menjadi pimpinan Upacara ke-95 yang dilaksanakan di Halaman BKD Kota Pasuruan, Sabtu (28/10/2023).

Dalam amanatnya, Wawali Pasuruan membacakan sambutan Kemenpora RI Dito Ariotedjo. Selain itu, ia juga mengajak kepada para peserta upacara untuk menjadi pemuda yang kompak dalam membangun bangsa dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pada upacara ini, kita memakai baju dari berabagai adat di Indonesia, ini menunjukkan keragaman budaya terpancar dalam aneka pakaian yang kita pakai hari ini, dan merupakan implementasi dari kebhinekaan. Tentu, kebhinekaan ini tidak membuat kita ingin saling menonjol, namun saling menghargai,” ujar Mas Adi, sapaan karib .

Ia juga mengingatkan para pemuda agar terus menjaga kondusivitas di tahun-tahun politik. Karena pengguna media sosial didominasi oleh para pemuda. Mengingat, banyaknya berita hoax dan ujaran-ujaran kebencian di media sosial.

“Untuk itu, saya berharap di Kota Pasuruan dalam menyambut pemilu 2024 nanti, kita bisa menjaga kondusivitas. Saring informasi dengan benar. Kita sebagai pemuda harus bisa menjadi pelopor persatuan dan kesatuan bangsa. Saya juga ucapkan terima kasih kepada TNI Polri yang selama ini sudah menjaga situasi dan kondisi di Kota Pasuruan,” ucapnya.

Dalam peringatan hari sumpah pemuda ini, Pemerintah Kota Pasuruan memberikan penghargaan kepada 5 pemuda pelopor Kota Pasuruan. Yaitu, pertama kepada Dewi Chikmatul Suciati, pemuda pelopor di bidang pendidikan atas pelatihan membatik kepada seluruh masyarakat, terutama di sekolah.

Ia juga mewujudkan kampung batik yang mengedukasi kalangan muda, meningkatkan nilai berkarakter pada masyarakat melalui kearifan lokal terutama kerajinan batik.

Kedua Achmad Chusaeri di bidang agama, sosial, dan budaya, dengan melestarikan kesenian daerah serta meningkatkan prestasi seni budaya di Kelurahan Ngemplakrejo. Ketiga Nouvel Zabidi di bidang pengelolaan SDA lingkungan dan pariwisata. Ia ikut membangun dan mengembangkan pariwisata yang unggul di Kelurahan Tambaan.

Keempat Rally Aresy Murthi di bidang pangan, yang mengoptimalkan budi daya sorgum agar dapat digunakan sebagai pangan alternatif dalam mendukung upaya ketahanan pangan lokal. Serta kelima M. Dimas Zainudin di bidang inovasi teknologi, dengan membuat program dan aplikasi untuk UMKM di Kota Pasuruan guna memperluas target pasar dan meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengusaha.

Upacara tersebut dihadiri jajaran forkopimda dan jajaran Pemerintah Kota Pasuruan, serta perwakilan para pemuda di Kota Pasuruan. (par/ns) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO