Selain Turuk Bintul, Berikut Makanan Khas Jepara yang Wajib Dicoba

Selain Turuk Bintul, Berikut Makanan Khas Jepara yang Wajib Dicoba Makanan Khas Jepara, Turuk Bintul. Foto: Gempur News.

JEPARA, BANGSAONLINE.com - Jepara, terkenal sebagai , dikenal karena keahlian dalam membuat ukiran tangan berkualitas dunia. Selain terkenal dengan kerajinan tangan tersebut, Jepara juga memiliki beragam makanan khas yang tak kalah lezat. 

Jika sedang berkunjung ke Jepara, disarankan untuk mencoba kuliner khasnya yang sudah terkenal dan menjadi ikonik. Inilah rekomendasi kuliner khas Jepara yang legendaris dan ikonik:

1. Horokhorok

Lokasi: Pasar Sore Karang Randu, Desa Karang Randu, Kecamatan Jepara

Jam buka: 14.00 18.00 WIB

Horokhorok, makanan khas Jepara, terbuat dari tepung pohon aren yang diolah dengan santan dan gula pasir untuk menambah cita rasa. Meski dianggap sebagai makanan ringan, horokhorok sering dijadikan pengganti nasi dan dapat disantap bersamaan dengan berbagai hidangan seperti petis, bakso, gulai, soto, sate, atau sayur pecel.

2. Turuk Bintol

Lokasi: Pasar Welahan, Kecamatan Welahan

Jam buka: 06.00 18.15 WIB

Turuk Bintol, khas Desa Pendo Sawalan, Kalinyamatan, Jepara, terbuat dari ketan putih yang dikukus, memberikan tekstur lembut dan kenyal. Dengan tambahan santan, garam, daun pandan, dan kacang tolo, turuk bintol disajikan dengan kelapa parut kasar yang menambah cita rasa gurih.

3. Bongko Mento

Lokasi: Pusat Oleholeh RW. V, Bapangan, Jepara

Jam buka: 07.00 20.00 WIB

Bongko Mento, meskipun mirip dengan pepes karena dibungkus dengan daun pisang, berisi suwiran ayam, mie soun, jamur, dan santan. Dimasak dengan cara dikukus, aroma daun pisang menambah nikmat, dan Bongko Mento biasanya dijadikan lauk saat makan.

4. Pindang Serani

Lokasi: RM Cipto Roso Jepara, Jalan Doktor Sutomo, Jobokuto, Kauman

Jam buka: 08.00 17.00 WIB

Pindang Serani, meski bernama pindang, dapat menggunakan berbagai jenis ikan seperti kerapu, bandeng, atau kakap. Kuahnya yang manis, pedas, dan asam diperoleh dari bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kemangi, daun bawang, tomat, dan belimbing wuluh.

5. Lontong Krubyuk Jepara

Lokasi: Lontong Krubyuk Bu Ripah, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jepara

Jam buka: 17.00 20.00 WIB

Lontong Krubyuk Jepara memiliki kuah kaldu sapi yang memberikan rasa gurih yang khas. "Krubyuk" mengacu pada kuah yang melimpah hingga mirip genangan air, disajikan dengan tauge, daun seledri, dan suwiran daging ayam.

6. Opor Panggang Jepara

Lokasi: Rumah Makan Opor Panggang Pasha, Kalinyamatan, Jepara

Jam buka: 08.00 22.00 WIB

Opor Panggang Jepara membedakan diri dengan cara memanggang daging ayam kampung setelah dibakar. Santan, daun jeruk, kemiri, dan rempah lainnya memberikan aroma dan tekstur unik pada hidangan ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO