Festival Cipta Menu, Gus Ipul Ajak Masyarakat Sajikan Makanan Enak dan Sehat Bagi Keluarga

Festival Cipta Menu, Gus Ipul Ajak Masyarakat Sajikan Makanan Enak dan Sehat Bagi Keluarga Wali Kota Saifullah Yusuf saat menyerahkan hadiah kepada pemenang festival lomba cipta menu di Taman Sekargadung, Rabu (11/10/23).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - H. mengatakan pangan menjadi hal yang penting bagi tubuh kita. Kecukupan pangan penting karena mempengaruhi status gizi masyarakat.

Karena itu, ia menyebut sajian makanan yang sehat dan enak merupakan hal yang perlu menjadi perhatian.

“Dalam upaya memenuhi kecukupan makanan yang bergizi kita harus menyajikan makanan yang sehat dan enak. Yang berat itu sehat dan enak, kalau enak saja itu mudah,” kata saat membuka festival lomba cipta menu di Taman Sekargadung, Rabu (11/10/23).

Menurut pria yang karib disapa ini, masyarakat perlu belajar cara memasak dari orang tua terdahulu. Di mana proses membuat makanan perlu mempertimbangkan hal-hal yang menyangkut kesehatan, mulai dari bagaimana proses mengelola bahan bakunya, hingga bahan pengemasannya.

“Contoh saja pembuatan jajan lemper di masa lalu, prosesnya sangat istimewa hingga dibungkus dengan daun. Sekarang kemasannya sudah diganti dengan plastik, maka ini akan membahayakan kesehatan kita. Sedangkan pembuatan jajan masa kini para penjual menginginkan proses yang cepat, jadi tidak memperhatikan proses pembuatan,” katanya.

Untuk itu, ia mengatakan acara ini digagas dalam rangka untuk memotivasi masyarakat yang bergelut di dunia perjajanan agar memperhatikan nilai-nilai yang penting, yaitu sehat dan enak.

“Acaranya bagus, namun perlu adanya kreativitas dalam pelaksanaannya. Misal peserta yang mengikuti lomba lebih banyak lagi. Sehingga ditandingkan mula tingkat RT, RW, kelurahan, kecamatan, dan finalisasi di tingkat kota,” jelas .

Ia yakin jika peserta yang diikutkan dari lingkup RT hingga tingkat kota nantinya dapat memberikan semangat pada masyarakat umum untuk menyajikan makanan yang sehat dan enak untuk keluarganya.

“Pesan saya dengan adanya acara ini dapat membangun kesadaran kepada masyarakat untuk mengelola masakan yang enak dan sehat bagi keluarganya. Kita bisa hidup sampai sekarang ini karena masakan orang tua kita dulu dengan makanan yang sehat dan enak,” imbuhnya.

berharap festival ini tidak sekadar menjadi kegiatan tahunan saja, tetapi benar-benar menjadi pendorong peningkatan konsumsi pangan lokal di tengah-tengah masyarakat.

“Saya harap ke depan festival ini memiliki tolak ukur sebagai bahan evaluasi. Supaya pelaksanaan di tahun depan bisa lebih efektif dan kesadaran masyarakat dalam mengelola makanan yang sehat dan enak itu terus menyebar,” ujar .

Dalam kesempatan ini, menyampaikan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan yang turut andil dalam program pembangunan keluarga.

Ia mendorong TP PKK terus menjadi pendamping untuk kegiatan perangkat daerah yang berkaitan dengan program pembangunan keluarga.

“Saya ucapkan terima kasih kepada TP PKK yang juga ikut andil dalam program seperti ini, silakan PKK ambil posisi dan peran,” ucapnya.

Ia juga mengingatkan para penjual makanan yang bergelut di dunia kuliner untuk terus berinovasi. Serta mendorong pelaku usaha kuliner seperti penjual jajanan untuk memasukkan penawaran di platform e-katalog.

Untuk itu, agar mampu bersaing di e-katalog pelaku usaha jajanan dituntut kreatif dalam memasarkan produk yang ditampilkan.

“Sekarang sudah ada yang namanya e-katalog. Pemerintah sudah bisa membeli produk yang ibu jual, ini memberikan kesempatan yang bagus untuk para penjual dalam meningkatkan pendapatannya,” kata .

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO