Sejarawan Toha Sesalkan Pembongkaran Makam yang Diyakini Syakh Mohammad Nur Alamsyah

Sejarawan Toha Sesalkan Pembongkaran Makam yang Diyakini Syakh Mohammad Nur Alamsyah Mochammad Thoha dan makam yang diyakini menjadi lokasi Syakh Mohammad Nur Alamsyah dikebumikan sebelum dibongkar. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pembongkaran kuburan yang diyakini sebagai Makam Syakh Mohammad Alamsyah di sekitar Perumahan Alam Bukit Raya (ABR) Kawasan , , Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, terus menuai kontroversi.

Muchammad Toha menyesalkan tersebut yang menurutnya tergesa-gesa.

"Dikaji dulu kebenarannya keberadaan makam itu, benar tidak ada, atau sebaliknya ada," ucap Toha kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (22/9/2023).

Menurut Toha, kalau memang makam itu tidak ada jasadnya, maka harus dibuktikan secara ilmiah. Begitu sebaliknya, jika makam itu diyakini warga adalah kuburan Syakh Mohammad Nur Alamsyah, maka harus ditelusuri.

"Jadi, jangan cepat mengambil kesimpulan, buktikan dulu, faktanya ada atau tidak," tutur Kepala Balai Diklat Keagamaan Semarang ini.

Toha mengaku prihatin jika kejadian sesorang yang dianggap tokoh oleh masyarakat terus terjadi. Kondisi ini akan menjadi preseden buruk. Sebab, akan banyak makam tokoh-tokoh yang hilang, sehingga tak bisa diketahui oleh generasi yang akan datang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO