Perangi Bullying di Kalangan Siswa, Disdik Kota Kediri Hadirkan Workshop untuk Guru

Perangi Bullying di Kalangan Siswa, Disdik Kota Kediri Hadirkan Workshop untuk Guru Salah satu narasumber dalam workshop yang digelar Disdik Kota Kediri saat menyampaikan materi. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota menggelar workshop program pencegahan bullying, korupsi, serta penanaman karakter di sekolah dasar bekerja sama dengan Universitas Nusantara PGRI , Selasa (19/9/2023) dan Rabu (20/9/2023).

Sebab, berdasarkan data yang dihimpun Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), kasus bullying (perundungan) pada siswa masih marak ditemukan dan sebagian besar terjadi di kalangan siswa SD dan SMP.

Kepala Disdik Kota , Anang Kurniawan, menyebut tujuan digelarnya kegiatan yang diikuti seluruh guru SD negeri/swasta se-Kota tersebut bertujuan untuk menciptakan aksi nyata dalam menekan kasus perundungan di kalangan SD di Kota .

“Sebenarnya upaya ini sudah kita canangkan sejak lama, kemudian kita bentuk tim di masing-masing sekolah untuk pencegahan bullying, korupsi, dan pendidikan karakter di sekolah,” ujarnya.

Menurut dia, selama ini laporan kasus bullying siswa SD di Kota berhasil diselesaikan dengan baik oleh pihak sekolah. Ia selalu menekankan kepada pihak sekolah agar cepat tanggap dalam menangani kasus perundungan, mulai dari pemeriksaan awal hingga pengambilan keputusan.

“Kalau ada gejala bullying di sekolah, kami minta untuk segera diselesaikan, jangan sampai lama penyelesaiannya. Kami minta sekolah untuk lebih peduli dan peka terhadap indikasi bullying jangan sampai terjadi,” tuturnya.

Melalui workshop tersebut, Anang berharap agar para tenaga pendidik bisa memahami materi yang disampaikan para narasumber sehingga bisa menjadi ujung tombak dalam penghapusan kasus perundungan dan bibit-bibit korupsi di sekolah.

“Kami sangat mendukung program Mas Mendikbud untuk menghapus bullying di sekolah, dan harapan kami khususnya di Kota zero kasus bullying,” pungkasnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kampus 2 UNP tersebut, turut hadir Dr. Vivi Ratnawati, Yuanita Dwi Krisphianti, dan Wikan Sasmita, sebagai narasumber yang memberikan materi. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO